Pasien Implan Chip Pertama Neuralink Berhasil Main Game Catur

Telset.id, Jakarta – Pasien pertama Neuralink yang telah berhasil melewati proses implan chip di otaknya, kini bisa memainkan game Chess and Civilization.

Neuralink, perusahaan milik Elon Musk telah menjalankan proyek penanaman implan chip ke otak pasien yang mengalami lumpuh.

Pasien yang berhasil ditanamkan chip ini bernama Noland Arbaugh, dan ternyata dirinya pun berhasil memainkan game melalui pemikirannya sendiri.

BACA JUGA:

Dalam siaran langsung yang diadakan oleh Neuralink, Noland memperlihatkan dirinya bisa menggerakan bidak catur di dalam layar melalui pikirannya, lapor Gizmochina.

“Jika kalian semua bisa melihat kursor di layar sedang bergerak, kursor itu digerakan oleh saya,” ungkap Noland.

Lalu, dengan percaya diri dan penuh kegembiraan, Nolan mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang menarik dan keren.

Gerakan yang dilakukan oleh Noland ini, berkat teknologi Neuralink yang mampu menerjemahkan pola pikir menjadi sinyal digital.

Dalam demonstransi yang dilakukan Noland, dia menjelaskan bahwa dirinya menggerakkan tangan terlebih dahulu, baik itu ke kanan, kiri, depan, atau belakang. Lalu dari situ dia membayangkan kursornya bergerak.

Demonstrasi ini merupakan lompatan maju yang signifikan dalam teknologi BCI (Brain-Computer Interface). 

Keberhasilan Noland ini pun diharapkan bisa membuka jalan bagi masa depan di mana individu dengan kondisi lumpuh atau kondisi neurologis lainnya dapat memperoleh kembali kendali dan kemandirian melalui kekuatan pikiran mereka. 

BACA JUGA:

Neuralink dengan tepat menamai produk pertama mereka sebagai Telepathy, yang mencerminkan ambisinya untuk menciptakan koneksi pikiran-mesin yang lancar. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI