Begini Cara ‘People You May Know’ Bekerja

Telset.id, Jakarta – Facebook kini merupakan media sosial terbesar sejagat. Setidaknya, 2 miliar orang aktif menggunakan platform ini setiap bulannya untuk berkomunikasi dengan kerabat atau teman mereka.

Namun, ada satu fitur yang dinilai ‘menakjubkan’ oleh sebagian besar pengguna Facebook. Fitur tersebut adalah ‘People You May Know’. Ya, banyak orang yang penasaran dengan cara fitur tersebut bekerja.

Ikut penasaran, jurnalis Gizmodo Kasmir Hill mencari jawaban. Dia penasaran, bahwa dia mendapatkan saran terhadap seorang perempuan bernama Rebecca Porter, yang notabene jauh lebih tua dan mereka tinggal dalam jarak yang sangat jauh.

“Ternyata, dia menikah dengan kakak dari orang tua saya. Kakek saya yang memiliki nama Porter pernah menelantarkan ayah saya. Pada akhirnya, ayah saya diasuh oleh keluarga bernama Hill,” ujar Kasmir seperti dikutip dari laman Gizmodo.

Penasaran, dia mencari cara bagaimana ini bisa terjadi. Ternyata, sang ayah dulu pernah bertukar email dengan kakaknya itu. Namun, bagaimana Facebook bisa mendapatkan data tersebut?

Pertama dia mencurigai bahwa Facebook membeli data dari seseorang yang bekerja sebagai broker informasi. Namun pihak Facebook menyangkalnya.

“Kami tak pernah menggunakan informasi dari broker data untuk fitur People You May Know,” ujar pihak Facebook.

Hill pun bertanya kepada Chief Privacy Officer Facebook Chris Kelly. Mulanya ia enggan memberi tahu bagaimana cara Facebook menyarankan teman yang muncul di People You May Know. Namun, akhirnya Kelly mau menjawabnya.

Setidaknya ada empat hal yang membuat fitur ini bisa berjalan. Diantaranya adalah jika keduanya memiliki mutual friends, hal ini dianggap sebagai faktor utama yang membuat Facebook menyarankan pertemanan.

Selain itu, dua orang tergabung dalam satu group yang sama di Facebook atau ditandai dalam satu foto yang sama. Lalu bisa juga arena jejaring yang sama, misalnya satu sekolah, kampus, atau kantor yang sama.

Terakhir, Facebook kini memiliki kemampuan untuk membaca kontak yang dipakai oleh pengguna. Ini juga menjadi salah satu cara dalam menyarankan pertemanan. [NC/HBS]

 

 

Nah, itulah kira-kira bagaimana cara dari ‘People You May Know’ bekerja. Bagaimana menurut Anda? [NC]

SourceGizmodo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI