TELKO

BAKTI Kominfo Raih Penghargaan Internasional Better Satellite World

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Kominfo (BAKTI Kominfo) meraih penghargaan Better Satellite World Awards VI tahun 2020 dalam kategori Honorable Mention atas penyediaan layanan internet untuk sekolah.

Penghargaan juga diberikan atas inovasi BAKTI Kominfo yang membangun infrastruktur telekomunikasi bagi pemerintah daerah di pelosok Indonesia.

Selain itu, BAKTI Kominfo juga dianggap sukses mendukung telemedicine, e-health, dan layanan penanggulangan bencana, sehingga layak mendapatkan apresiasi dari program penghargaan tahunan tersebut. 

Disampaikan Menkominfo, Johnny G Plate, kerja BAKTI Kominfo bersama para mitra ditujukan untuk meningkatkan rasio internetifikasi yang digunakan dalam mendukung layanan pendidikan, pemerintah desa, serta kesehatan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) Indonesia.

{Baca juga: Kominfo Janjikan Akses Internet di 3.126 Puskesmas dan RS}

“BAKTI Kominfo menyediakan infrastruktur digital guna meningkatkan rasio internetifikasi di wilayah 3T,” kata Johnny, dalam keterangan resmi yang dikutip Telset dari situs Kominfo, Sabtu (7/11/2020).

Ia pun mengapresiasi perhatian lembaga dunia atas upaya pemerataan akses internet di Indonesia. 

“Ini mendapatkan perhatian lembaga dunia dan BLU BAKTI Kominfo akan terus berkarya meningkatkan pemerataan sinyal 4G. Menjangkau yang tidak Terjangkau sinyal 4G,” tandasnya.

Pemilihan penerima penghargaan dilakukan juri internasional yang terdiri dari profesional dan pimpinan industri lintas sektor. Selain BAKTI Kominfo, Honorable Mention Better Satellite World Awards VI juga diberikan kepada Omanos Analytics dari Inggris. 

Omanos berhak mendapatkan penghargaan tersebut atas inovasi dalam mengkombinasikan data amatan bumi dan kompleksitas wilayah dalam kebutuhan akuntabilitas sosial dan lingkungan. 

Penghargaan diumumkan pada Kamis (05/11/2020) dan menurut rencana akan diserahkan pada tanggal 7 Desember 2020.

{Baca juga: Kominfo Hanya Blokir Akun Medsos Penyebar Hoaks?}

Better Satellite World Awards adalah penghargaan yang diberikan oleh Space & Satellite Professionals International (SSPI). 

SSPI merupakan organisasi yang ingin mempromosikan inovasi dan talenta industri luar angkasa dan satelit terbaik dunia. 

SSPI  juga mempromosikan nilai luar biasa dari ruang dan satelit melalui kisah-kisah dramatis perusahan dan teknologi yang membuat dunia menjadi lebih baik.

SPPI  termasuk memprediksi pertumbuhan ekonomi antariksa senilai USD$ 1 triliun atau Rp 14.214 triliun di masa depan. (NM/MF)

Leave a Comment