Superkomputer IBM Temukan 77 Obat Virus Corona

Obat virus Corona

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan meminta bantuan superkomputer untuk menemukan obat dari virus Corona atau Covid-19. Para peneliti dari Oak Ridge National Laboratory baru saja menerbitkan hasil dari sebuah proyek superkomputer dari IBM.

Superkomputer buatan IBM yang dikenal sebagai Summit itu membantu para ilmuwan menemukan obat paling efektif guna memerangi virus Corona atau Covid-19. Metode yang digunakan berfokus kepada pemberantasan virus dengan mengikat sel.

Seperti virus lain, Covid-19 menggunakan lonjakan protein untuk menyuntikkan sel. Para peneliti menggunakan superkomputer IBM dengan algoritma untuk menyelidiki obat mana yang dapat mengikat protein dan mencegah virus menginfeksi tubuh manusia.

{Baca juga: Australia Capai Langkah Besar untuk Temukan Vaksin Virus Corona}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Kamis (26/03/2020), para peneliti sekarang memiliki daftar 77 obat yang cukup menjanjikan untuk menghambat penyebaran virus Corona. Semua dimulai dengan lebih dari 8.000 senyawa.

Kekuatan Summit yang luar biasa memperpendek waktu percobaan secara dramatis, mengesampingkan sebagian besar obat sebelum menetapkan 77 obat yang diberi peringkat berdasarkan seberapa efektif menghentikan Covid-19.

{Baca juga: Apple Sumbang 9 Juta Masker N95 untuk Tim Medis Corona}

“Kami hanya butuh waktu satu atau dua hari untuk menemukan 77 obat penangkal virus corona. Padahal, kalau memakai komputer biasa, kami butuh waktu berbulan-bulan,” kata Jeremy Smith, penulis penelitian dalam sebuah pernyataan.

Senyawa yang menjanjikan temuan para peneliti via superkomputer kini dapat berperan dalam mengembangkan perawatan baru atau bahkan vaksin yang sangat efektif yang akan menjaga virus Corona agar tidak berakar di dalam tubuh seseorang. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here