Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia, Ini Pesan Jokowi

Telset.id, Jakarta – Vaksin Covid-19 Sinovac akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac diturunkan di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Disampaikan Presiden Jokowi, vaksin Covid-19 Sinovac asal China itu telah melewati fase uji klinis di Bandung sejak bulan Agustus 2020.

Menurutnya, sebanyak 1,2 juta vaksin ini masih tahap pertama dari rangkaian vaksin yang didatangkan ke Indonesia. Pada bulan Januari 2021 mendatang juga akan tiba vaksin tahap kedua dan seterusnya.

{Baca Juga: Hacker Siap Sabotase Rantai Pasokan Vaksin Covid-19}

“Selain vaksin dalam bentuk jadi dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma,” ujar Jokowi.

Namun, sebelum memulai proses vaksinasi pada masyarakat, masih ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal ini dilakukan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat, serta efektivitas vaksin, pertimbangan ilmiah, dan hasil uji klinis.

{Baca Juga: Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Manjur Cegah Corona}

Berbagai tahapan tersebut nantinya yang akan menentukan kapan proses vaksinasi bisa mulai diberikan ke masyarakat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya sistem distribusi vaksin Covid-19 Sinovac ke berbagai daerah. Serta dibutuhkan peralatan pendukung dan SDM yang paham tata kelola vaksinasi.

“Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi dan saya yakin setelah diputuskan vaksinasi dimulai semua sudah dalam keadaan siap,” sambungnya.

{Baca Juga: Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Terbukti 90 Persen Efektif}

Karena proses vaksinasi tidak dapat dilakukan secara serempak, Jokowi mengharapkan semua pihak untuk mengikuti pemgumuman dan petunjuk-petunjuk dari petugas yang saat ini sudah menyiapkan vaksinasi.

Terakhir, ia pun mengingatkan kembali walaupun vaksin virus corona Sinovac sudah ada di Indonesia, diharapkan masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan.

“Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkahi kita semua untuk bisa melewati ujian wabah ini.” pungkas Jokowi. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -