telset

Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Manjur Cegah Corona

Telset.id, Jakarta  – Hingga kini belum ada satupun perusahaan farmasi yang berhasil membuat vaksin Corona yang 100 persen efektif. Tapi kabar gembiranya, vaksin Covid-19 Moderna diklaim sudah berhasil 94,5 persen efektif mencegah virus mematikan tersebut.

Sulit untuk memastikan kapan kehidupan akan kembali normal gara-gara pandemi Covid-19 masih berlangsung. Saat ini, negara-negara hanya dapat mengurangi penyebaran virus corona.

{Baca juga: Vaksin Oxford Bisa untuk Pasien Covid-19 Muda dan Tua}

Tidakan tersebut hanya bersifat sementara, setidaknya sampai vaksin benar-benar tersedia. Kabar baiknya, sejumlah perusahaan yang mengerjakan vaksin virus corona menunjukkan beberapa keberhasilan.

Moderna, yang dianggap sebagai salah satu pelopor dalam hal pengembangan vaksin Covid-19, adalah satu di antaranya. Moderna melaporkan bahwa vaksin Covid-19 buatannya saat ini ternyata 94,5 persen efektif.

“Sungguh terbesar dalam hidup dan karier saya. Luar biasa dapat mengembangkan vaksin Covid-19 yang mampu mencegah penyakit simptomatik dengan kemanjuran tinggi,” kata Dr Tal Zacks, kepala medis Moderna.

Dilansir Ubergizmo, menurut Dr Anthony Fauci, dokter penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, vaksinasi dengan kelompok berisiko tinggi sebenarnya dapat dimulai pada paruh kedua Desember tahun ini.

{Baca juga: Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Terbukti 90 Persen Efektif}

Moderna sebenarnya tidak sendirian dalam kesuksesan mengembangkan vaksin. Laporan terbaru juga mengungkap bahwa vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech diklaim 90 persen efektif cegah virus Covid-19.

Keberhasilan vaksin Pfizer sudah diprediksi oleh pendiri Microsoft, Bill Gates. Dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (10/11/2020), Gates awalnya mengatakan kalau vaksin Covid-19 akan ada pada awal 2021. [SN/HBS]

 

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0