Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Terbukti 90 Persen Efektif

Telset.id, Jakarta  – Banyak orang yang berharap segera ada vaksin virus corona. Harapan itu mulai menuai titik terang, setelah Pfizer yang bekerjasama dengan BioNTech mengklaim bahwa vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan terbukti 90 persen efektif.

Saat ini banyak perusahaan farmasi yang mengembangkan vaksin untuk melawan virus Covid-19. Namun, belum ada satu pun yang resmi memasuki pasar.

{Baca juga: Vaksin Oxford Bisa untuk Pasien Covid-19 Muda dan Tua}

Kabar baiknya, ada vaksin yang diklaim 90 persen efektif membunuh virus Covid-19. Vaksin tersebut adalah bikinan perusahaan raksasa farmasai asal Amerika Serikat, Pfizer yang menggandeng BioNTech.

Keefektifan vaksin yang bisa mencegah virus Covid-19 itu mencapai persentase hingga 90 persen, jelas merupakan kabar baik bagi negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Saat ini, para pembuat regulasi menyatakan bersedia menggunakan vaksin yang 50 persen efektif mencegah virus Corona. Dengan kata lain, keefektifan vaksin buatan Pfizer yang bisa mencapai tingkat keefektifan hingga 90 persen tergolong sangat manjur.

“Hari ini luar biasa bagi sains dan kemanusiaan. Hasil uji coba fase ketiga memberikan bukti awal tentang kemampuan vaksin kami untuk mencegah Covid-19,” kata Dr Albert Bourla, ketua dan CEO Pfizer.

“Kami mencapai tonggak penting ini dalam program pengembangan vaksin Covid-19 pada saat dunia sangat membutuhkan. Rumah sakit hampir kelebihan kapasitas dan ekonomi terpuruk,” tambah Bourla.

{Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna Mulai Tersedia Januari 2021}

Meski begitu, seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Selasa (10/11/2020), belum tahu apakah hasil berdasarkan uji klinis vaksin untuk mencegah virus Covid-19 buatan Pfizer akan sama ketika telah secara resmi dirilis ke publik.

Rencananya, Pfizer segera meminta izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS setelah sukarelawan vaksin dipantau selama dua bulan seusai mendapat dosis vaksin kedua. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -