4 Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022, Bisa Pantau Pemain Lewat HP

Telset.id – Piala Dunia 2022 menggunakan berbagai teknologi mutakhir dan dipakai sepanjang pertandingan. Setidaknya ada 4 teknologi canggih yang dipakai selama Piala Dunia 2022, yang digelar di Qatar sejak 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022.

Seperti diketahui bahwa teknologi canggih sudah banyak dipakai di berbagai pertandingan olahraga. Misalnya saja saat Olimpiade Tokyo 2020 dimana ada 6 teknologi canggih yang digunakan, untuk cabang olahraga atletik, panahan hingga panjat tebing.

Adapun tujuan penggunaan teknologi canggih untuk membantu wasit, dalam memantau pertandingan supaya pertandingan bisa berjalan secara adil, dan wasit tidak salah dalam mengambil keputusan.

Kini di ajang FIFA World Cup Qatar 2022 atau Piala Dunia 2022, adopsi teknologi canggih kembali dilakukan. Total ada 4 teknologi yang dipakai untuk mendukung Piala Dunia 2022, dan berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda:

BACA JUGA:

1. Bola Canggih Al Rihla

Bola Canggih Al Rihla

Perusahaan olahraga Jerman, Adidas meluncurkan bola bernama Al Rihla yang menjadi bola resmi di ajang Piala Dunia 2022. Nama Al Rihla sendiri diambil dari Bahasa Arab yang berarti “Perjalanan,” dan terinspirasi oleh kebudayaan masyarakat Qatar.

Bola Al Rihla dikembangkan di laboratorium Adidas, dan telah melakuan pengujian yang ketat. Selain itu, bola Al Rihla juga ramah lingkungan, karena ini menjadi  bola Piala Dunia FIFA pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbasis air.

Sementara, di dalam bola terdapat sensor Inertial Measurement Unit yang akan mencatat jumlah tendangan dan posisi pemain selama pertandingan. Lalu data yang ada di dalam bola, akan digabungkan dengan data dari 12 kamera yang merekam pertandingan.

Jadi, selain menggunakan bola canggih FIFA juga memakai 12 kamera yang ditempatkan di berbagai sudut stadion. Kamera itu tugasnya bukan untuk menyiarkan pertandingan di televisi. Melainkan, untuk merekam pergerakan dan performa masing-masing pemain.

Data dari bola Al Rihla dan jaringan 12 kamera, bisa dipakai oleh wasit dan pelatih untuk menjadi bahan evaluasi ke pemain.

BACA JUGA: 

2. Teknologi SOAT untuk Pantau Offside

Teknologi Canggih Piala Dunia 2022

Teknologi Video Assistant Referee (VAR), sudah banyak dipakai di Liga Champions Eropa, Serie A Italia, La Liga Spanyol, sampai Bundesliga Jerman. Namun, khusus di Piala Dunia 2022, terjadi peningkatan akurasi di teknologi canggih ini.

Teknologi yang dimaksud adalah Semi-Automated Offside Technology (SOAT). Sistem baru ini memiliki 12 kamera stadion yang akan melacak posisi bola dan setiap pemain individu, termasuk 29 titik data yang berbeda pada anggota badan dan ekstremitas setiap pemain.

SOAT juga akan terhubung dengan bola Al Rihla, yang mampu merekam pergerakan pemain. Hasilnya sistem VAR terbaru ini dapat menghasilkan keputusan offside di pertandingan sepak bola dengan lebih cepat dari yang awalnya 70 detik menjadi 25 detik.

SOAT akan secara otomatis memilih garis offside dan titik tendangan dalam hitungan detik, menggunakan data dari bola dan data pelacakan anggota tubuh dari kamera.

3. FIFA Player App

Teknologi Canggih Sepak Bola Piala Dunia

Terakhir ada FIFA Player App. Teknologi canggih di ajang Piala Dunia 2022, sepintas bentuknya  seperti aplikasi pada umumnya yang bisa diunduh di Android dan iOS. Hanya saja aplikasi ini tidak hanya menampilkan jadwal pertandingan saja.

Melalui FIFA Player App, pengguna dapat memantau data setiap pemain untuk melihat bagaimana kinerja mereka di lapangan setelah pertandingan.

4. Pasang 15.000 Kamera dengan Face Recognition 

Kamera Face Recognition Piala Dunia 2022

Keamanan menjadi salah satu aspek yang diperhatikan oleh Qatar selaku tuan rumah. Oleh karenanya, panitia Piala Dunia 2022 bekerja sama dengan kepolisian memasang 15.000 dengan pengenalan wajah atau face recognition yang tersebar di semua stadion yang dipakai untuk pertandingan.

Semua data di dalam kamera akan mengirim informasi ke pusat pengintaian untuk mencari kemungkinan pelaku tindak kriminal, serta untuk mencegah serangan teroris.

BACA JUGA:

Keempat teknologi canggih di Piala Dunia 2022, akan membuat pertandingan semakin seru dan semoga saja dapat mengurangi berbagai keputusan kontroversial yang dilakukan oleh wasit.

https://en.as.com/meristation_en/2022/11/19/news/1668888009_438076.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI