FIFA Perbarui Teknologi VAR di Piala Dunia 2022, Akurat Pantau Offside

Telset.id, Jakarta – FIFA bakal memperbarui teknologi Video Assistant Referee (VAR) di ajang Piala Dunia 2022. Teknologi terbaru ini diklaim akan lebih akurat dalam memantau pelanggaran offside di pertandingan.

Dikutip Telset dari Engadget pada Sabtu (2/7/2022), teknologi terbaru ini bernama Semi-Automated Offside Technology (SOAT). Sistem baru ini memiliki 12 kamera stadion yang akan melacak posisi bola dan setiap pemain individu, termasuk 29 titik data yang berbeda pada anggota badan dan ekstremitas setiap pemain.

Selain itu, bola yang dipakai dalam pertandingan akan dilengkapi dengan sensor gerak. Dengan begitu bola akan memberikan data langsung tentang posisi pemain pada saat ditendang.

Hasilnya sistem VAR terbaru ini dapat menghasilkan keputusan offside di pertandingan sepak bola dengan lebih cepat dari yang awalnya 70 detik menjadi 25 detik.

BACA JUGA:

SOAT juga akan secara otomatis memilih garis offside dan titik tendangan dalam hitungan detik, menggunakan data dari bola dan data pelacakan anggota tubuh dari kamera.

Nantinya saat wasit telah mengkonfirmasi hasil SOAT dan memutuskan kalau terjadi offside, animasi 3D akan ditampilkan kepada penonton untuk memvisualisasikan penyebab terjadinya offside. Harapannya penonton bisa lebih menerima keputusan tersebut.

FIFA percaya bahwa SOAT akan membantu pejabat pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat terkait pelanggaran offside.

“VAR telah memiliki dampak yang sangat positif pada sepak bola dan kita dapat melihat bahwa jumlah kesalahan besar telah berkurang secara dramatis. Kami berharap bahwa teknologi offside semi otomatis ini dapat membawa kami selangkah lebih maju,” kata Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina.

FIFA telah menguji coba SOAT di kejuaraan Piala Arab tahun 2021 di Qatar dan Piala Dunia Antar Klub FIFA yang digelar tahun 2022 ini. Namun, membawa SOAT ke Piala Dunia 2022 pastinya akan menuai pro dan kontra.

BACA JUGA: 

Pasalnya saat teknologi VAR dibawa pertama kali di Piala Dunia 2018 di Rusia, banyak pihak yang tidak suka dengan teknologi tersebut.

Terlepas dari kontroversi yang ada hadirnya teknologi SOAT atau VAR versi terbaru ini di Piala Dunia 2022 merupakan inovasi teknologi yang menarik di dunia sepak bola. Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar mulai 21 November 2022 sampai 18 Desember 2022. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0