Qualcomm Umumkan Snapdragon X75 dan X72, Modem 5G Masa Depan

Telset.id, Jakarta  – Qualcomm mengumumkan dua modem terbarunya, Snapdragon X75 dan Snapdragon X72 sebagai modem masa depan. Keduanya siap mendukung 5G Advanced yang disebut sebagai “fase 5G berikutnya”.

Disebutkan bahwa Snapdragon X75 merupakan modem untuk kendaraan, PC, dan industrial IoT. Sementara Snapdragon X72 dihadirkan sebagai modem perangkat seluler.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena, Jumat (17/2/2023), kedua modem terbaru Qualcomm tersebut akan mendukung 5G Advanced, atau Qualcomm menyebutnya sebagai fase 5G berikutnya.

BACA JUGA:

Dalam keterangannya, Qualcomm mengetakan bahwa kedua modem tersebut memiliki agregasi 10 operator dan mendukung downlink 10 Gbps di Wi-Fi 7 dan 5G. Solusi modem ke antena generasi ke-6 pakai arsitektur baru.

Modem juga menghadirkan modul antena QTM565 mmWave yang mengurangi biaya, kerumitan papan, footprint perangkat keras, dan konsumsi energi.

Kemudian, yang tidak kalah menarik, masa pakai baterai semakin diperpanjang oleh Qualcomm 5G PowerSave Gen 4 dan Qualcomm RF Power Efficiency Suite.

Perangkat komersial dengan modem Snapdragon baru ini diharapkan akan diluncurkan ke pasaran pada akhir 2023. Namun, belum ada keterangan mengenai perangkat yang akan memakainya.

Snapdragon X75 X72 modem 5G

Sebelumnya, Digital Chat Station melaporkan bahwa chipset mobile Snapdragon 8 Gen 3 buatan Qualcomm kemungkin besar akan meluncur lebih cepat dari perkiraan.

Snapdragon 8 Gen 3 akan menjadi unggulan Qualcomm setelah meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2 yang menjadi chipset andalan pada November tahun lalu.

Snapdragon 8 Gen 2 hadir dengan GPU Adreno 740 dan menghadirkan performa serta efisiensi prosesor yang jauh lebih baik daripada SoC sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 3 yang sedang dikerjakan oleh Qualcomm sempat terlihat di situs pengujian Geekbench dengan performa yang jauh lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya.

BACA JUGA:

Perusahaan raksasa teknologi yang bermarkas di San Diego ini sebelumnya dilaporkan akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 3 berbarengan dengan Snapdragon 8 Gen 2, yaitu pada November tahun lalu.

Apakah chipset Snapdragon 8 Gen 3 akan meluncur setelah modem Qualcomm Snapdragon X75 dan Snapdragon X72? Belum ada informasi terkait hal itu. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI