Mirip Aslinya, Robot Kepiting Ini Juga Bisa Jalan Menyamping

Telset.id – Para peneliti di Universitas Northwestern sedang mengerjakan robot kepiting sub-milimeter yang mampu “berjalan” tanpa hidraulik rumit dan sistem lain. Ukurannya lebih kecil dari kutu.

Robot kepiting berkaki 8 dengan dua lengan itu bisa berjalan menyamping berkat bahan yang dikembangkan secara khusus. Teknologi tersebut bekerja dengan membangun kaki seperti bentuk aslinya.

BACA JUGA: Unik! Robot Ini Sambut Tamu Restoran dengan Tarian dan Nyanyian

Saat dipanasi menggunakan sinar laser, kaki robot kepiting berubah bentuk dan memungkinkan gerakan. Dengan proses serupa berulang-ulang, robot mikro berwujud kepiting kuning bakal bisa jalan.

Telset kutip dari Ubergizmo, Jumat (27/5/2022), laser memang secara efektif bisa mengontrol bagaimana robot bergerak. Cara itu berguna untuk melepaskan beberapa sumber daya dan mekanik robot.

Bergantung kepada bahan dan kekuatan sinar laser, beberapa desain robot bahkan bisa “melompat”. Namun, robot kepiting buatan para peneliti di Universitas Northwestern bisa bergerak lambat.

Teknologi semacam itu adalah satu cara robot kecil dapat bergerak atau populer di dunia bernama robot nano. Pada akhirnya, robot bisa beroperasi di tempat yang biasanya tidak dapat diakses oleh manusia.

Baca juga: Bikin Masalah, Ratusan Robot Kena PHK di Jepang

Sejak lama ada teori bahwa suatu hari robot nano akan melakukan tugas operasi dengan cara yang sepenuhnya non-invasif, seperti menghancurkan tumor atau memperbaiki kerusakan jaringan tubuh manusia.

Dalam cerita fiksi ilmiah, Anda dapat “mencadangkan” kondisi tubuh dan membuat robot tersebut memulihkannya. Kendati demikian, para peneliti masih terus melakukan pengembangan inovasi robot nano. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0