Mengenang Asimo, Robot Legendaris yang akan Pensiun

Telset.id, Jakarta – Robot Asimo buatan Honda akan pensiun bulan depan. Robot legendaris ini akan mengakhiri karirnya usai lebih dari 20 tahun menghibur masyarakat jepang di showroom pusat Honda yang berada di Jepang.

Dilansir Telset dari The Bangkok Post pada Kamis (31/3/2022), berdasarkan informasi yang dihimpun Asimo akan pensiun mulai 1 April 2022 mendatang.

Dengan pensiunnya Asimo maka robot tersebut tidak lagi berjalan dan menari di showroom pusat Honda di Jepang, dan tidak mengikuti berbagai event nasional atau internasional.

Baca juga: Robot 5G Ini Mampu Meracik Minuman Ala Bartender Profesional

Isyarat Honda untuk mempensiunkan Asimo telah terlihat sejak beberapa tahun lalu. Misalnya saja Honda menghentikan semua pengembangan Asimo dalam beberapa tahun terakhir setelah upgrade terakhir pada tahun 2011.

Di tahun 2011 lalu Asimo diberikan kemampuan untuk membuat keputusan otonom seperti menghindari menabrak seseorang saat berjalan.

Sedangkan di sisi lain pada September 2021 lalu, pabrikan asal Jepang itu berencana untuk mengembangkan robot avatar. Sebuah robot yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya secara virtual dari lokasi yang jauh.

Robot avatar akan dilengkapi dengan tangan multi jari dan fungsi remote control asli yang didukung Artificial Intelligence (AI).

Walaupun Asimo pensiun, Honda tetap penjualan barang Asimo setelah robot pensiun, menjaga karakter tetap aktif di pasar global. Sekedar informasi kalau harga robot ini dibanderol USD 2,5 juta atau Rp 35,9 miliar.

Sejarah Robot Asimo 

Robot Asimo Pensiun

Robot Asimo merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot Jepang ini dibuat sejak tahun 1986 dan dirilis pada tahun 2000.

Asimo memiliki bentuk yang mirip manusia dengan tinggi 1,2 meter dan berat 49 kg. Warnanya didominasi putih dan memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan hingga 9 km per jam, menari dan berkomunikasi dengan manusia.

Selama beroperasi robot Asimo tidak hanya bertugas menghibur para pengunjung showroom Honda.

Baca juga: Ukurannya Mini, Robot Ini Mampu Obati Pasien Kanker Paru-Paru

Pada tahun 2002 robot humanoid ini terbang ke Amerika Serikat mengikuti peringatan 25 tahun pencatatan saham Honda di Bursa Efek New York. Di acara tersebut Asimo untuk membunyikan bel pasar saham untuk membuka sesi perdagangan.

Berikutnya saat kunjungan Presiden Barack Obama di Jepang pada 2014, Asimo melakukan memamerkan kemampuannya di National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo.

Di hadapan Obama, Asimo menyapa orang nomor satu Amerika Serikat itu dengan bahasa Inggris dan memamerkan kemampuannya menendang bola dan melompat.

Sekarang setelah 22 tahun beroperasi, Asimo pun resmi pensiun. Sayonara Asimo. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0