telset

Richard Branson Jadi Turis Pertama Tour ke Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – CEO Virgin Galactic Sir Richard Branson menjadi “turis” pertama yang melakukan tour ke ke luar angkasa. Branson bersama tiga anak buahnya menggunakan pesawat Virgin Galactic, berhasil terbang dan kembali ke Bumi dengan selamat.

Dilansir Telset dari NPR.org pada Senin (12/7/2021), Richard Branson lepas landas dari Spaceport America di Las Cruces New Mexico, pada Minggu 08.40 waktu setempat. Pada penerbangan tersebut Richard ditemani oleh 3 orang karyawannya.

Ketiga orang orang tersebut adaah  Kepala Instruktur Astronot Beth Moses, Insinyur Operasi Utama Colin Bennett, dan Wakil Presiden Urusan Pemerintah dan Operasi Penelitian Sirisha Bandla.

Baca juga: Siap-siap, Bumi Sepi saat Proyek Virgin Galactic Dimulai

Untuk terbang ke luar angkasa Branson menggunakan pesawat Galactic Unity 22 yang didukung oleh roket on-board. Saat pesawat mendekati ketinggian 14 km dari permukaan bumi, Galactic Unity 22 menyiarkan langsung kondisi terkini di dalam pesawat.

Proses peluncuran berlangsung selama 50 menit. Setelah itu Galatic Unity 22 terlepas dari roket dan terbang ke ketinggian puncak yakni lebih dari 85,9 km dari permukaan bumi.

Pada peluncuran tersebut komunikasi masih terus dilakukan dari Bumi ke penumpang pesawat. Terdengar ucapan Branson yang mengatakan bahwa ini adalah pengalaman yang berkesan seumur hidupnya.

“Ini adalah pengalaman seumur hidup dan pemandangan yang indah,” kata Branson.

Baca juga: Virgin Galactic dan NASA Siapkan “Misi Pribadi” ke ISS

Setelah sukses berada di luar angkasa selama bebearpa saat, Branson dan 3 lainnya lainnya turun kembali ke Bumi dengan selamat. Branson mengucapkan selamat kepada tim yang terlibat dalam proyek ini.

Branson Kalahkan Jeff Bezos dan Elon Musk 

Keberhasilan Sir Richard Branson terbang ke angkasa menggunakan pesawat buatan perusahaannya, secara tidak langsung berhasil mengalahkan pimpinan perusahaan teknologi lainnya yakni Jeff Bezos dan Elon Musk.

Seperti diketahui bahwa Bos Amazon Jeff Bezos melalui perusahaan Blue Origin, baru akan meluncurkan pesawat ke luar angkasa komersil bernam New Shepherd pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Harga kursi New Shepherd sangat mahal karena pada bulan Juni lalu dilelang seharga USD 28 juta atau Rp 405,7 miliar.

Richard Branson Virgin Galactic Luar Angkasa
Kondisi Richard Branson saat berada di pesawat luar angkasa

Sedangkan Elon Musk masih terus mengembangkan layanan penerbangan ke luar angkasa melalui perusahaan miliknya yakni Space X.  Di sisi lain keberhasilan Branson terbang ke luar angkasa menjadi awal mulai bisnis penerbangan luar angkasa dari Virgin Galactic.

Baca juga: Tiga Orang Tajir Ini akan Wisata ke Luar Angkasa dengan SpaceX

Galactic mulai meluncurkan penerbangan ke luar angkasa pada tahun 2022. Harga tiketnya sekiar USD 250 ribu atau Rp 3,6 miliar per penumpang. Nantinya penumpang akan menaiki pesawat SpaceShipTwo VSS Unity, yang memiliki kapasitas 6 penumpang. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0