Penonton Piala Dunia 2022 Bisa Pakai AR untuk Lihat Statistik Pemain

Telset.id, Jakarta – FIFA memberikan fitur yang menarik bagi penonton Piala Dunia 2022. Asosiasi Sepak Bola Dunia itu mengadopsi teknologi Augmented Reality (AR), untuk melihat statistik pemain yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Fitur ini diperuntukan bagi penonton yang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022, secara langsung di stadion. Pasalnya salah satu kelemahan penonton di stadion mereka kesulitan untuk mendapatkan informasi jelas mengenai pemain, ketimbang penonton di televisi.

Dikutip Telset dari Engadget pada Sabtu (3/12/2022), teknologi AR ini ada di aplikasi FIFA+, tepatnya di fitur FIFA+ Stadium Experience. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat mengarahkan kamera ponsel mereka ke lapangan.

Berikutnya mereka tinggal mengetuk layar ke pemain tertentu, dan akan muncul informasi mengenai data pemain tepatnya kecepatan gerakan dan panas tubuh pemain.

BACA JUGA:

Sementara di aplikasi FIFA+, pengguna dapat pula melihat tayangan ulang VAR dan sudut kamera alternatif.  Overlay AR terlihat rapi dan bisa menambah pengalaman berada di sebuah game untuk beberapa orang.

Di sisi lain, ini adalah Piala Dunia dan mungkin pengalaman sekali seumur hidup. Terkadang, tidak apa-apa untuk menjauhkan ponsel Anda dan benar-benar tenggelam dalam apa yang terjadi di sekitar Anda.

Sedangkan teknologi VAR, baru-baru ini menjadi perbincangan karena gol kedua Jepang saat Jepang melawan Spanyol. Sebelum bola masuk ke gawang, sempat terlihat kalau bola sudah keluar garis lapangan.

Lalu wasit pun awalnya sudah mengira kalau bola sudah keluar. Namun, saat dicek menggunakan VAR ternyata masih ada bagian bola yang berada di garis lapangan sehingga bola belum keluar dan gol Jepang akhirnya disahkan oleh wasit.

BACA JUGA: 

Teknologi AR yang ada di aplikasi FIFA+, merupakan salah satu teknologi yang diterapkan FIFA di ajang Piala Dunia 2022. Berdasarkan data yang kami himpun, sebelumnya ada 4 teknologi yang disuguhkan untuk mendukung pesta sepak bola 4 tahunan itu.

Misalnya saja bola canggih Al Rihla, teknologi Semi-Automated Offside Technology (SOAT), untuk memantau offside, pemasangan 15.000 kamera dengan Face Recognition dan aplikasi FIFA Player App. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0