5.000 Exoplanet Ditemukan, 31% di Antaranya Mirip Bumi

Telset.id, Jakarta – Laboratorium Propulsi Jet NASA berhasil menemukan ada 5.000 planet di luar tata surya atau exoplanet, beberapa di antaranya bahkan mirip dengan Bumi.

Pemimpin sains untuk NASA Exoplanet Archive, Jessie Christiansen mengatakan bahwa penemuan ini bukan sekadar angka. Sebab, mereka berhasil menemukan exoplanet yang ukurannya sama dengan Bumi, bahkan lebih besar dari Jupiter.

“Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, planet baru. Saya senang dengan setiap orang karena kita tidak tahu apa-apa tentang mereka,” ujar Christiansen.

Baca juga: Asyik! NASA Bagikan Tiket Gratis ke Bulan

Dari 5.000 exoplanet yang ditemukan NASA, 35% ukurannya mirip dengan Neptunus atau Uranus. Bedanya, kalau suhu Neptunus dan Uranus sangat dingin karena dipenuhi oleh es, maka exoplanet yang ditemukan jauh lebih hangat.

Sementara itu, sekitar 31% planet exoplanet disebut Super Bumi karena planetnya berbatu dan ukurannya mirip dengan planet Bumi dan Neptunus. Sedangkan 30% adalah planet dengan kandungan gas yang tinggi.

Menurut orang pertama yang menemukan exoplanet di tahun 1992, Alexander Wolszczan tidak menutup kemungkinan kalau 5.000 exoplanet temuan NASA memiliki kehidupan di dalamnya.

“Menurut pemikiran saya, tidak dapat dihindari bahwa kita akan menemukan semacam kehidupan di suatu tempat. Kemungkinan besar dari jenis primitif,” kata Alexander Wolszczan seperti dikutip Telset dari NPR pada Kamis (24/3/2022).

Harus diakui bahwa kemampuan para ilmuwan untuk menemukan exoplanet semakin berkembang berkat kemampuan akademik yang mereka miliki serta didukung oleh teknologi canggih.

Saat ini ada 2 teknologi yang ampuh untuk menemukan exoplanet, yaitu Transiting Exoplanet Survey Satellite yang diluncurkan pada 2018 dan Teleskop Luar Angkasa James Webb yang diluncurkan pada akhir tahun 2021.

Pencarian exoplanet pun masih terus dilanjutkan, karena NASA memprediksi kalau di galaksi Bima Sakti terdapat miliaran exoplanet yang menunggu untuk ditemukan.

Baca juga: Asteroid Tabrak Bumi, Jatuh di Pulau Vulkanik

“Galaksi kita kemungkinan merupakan rumah bagi miliaran exoplanet. Dan kebenaran tentang kehidupan di luar bumi mungkin ada di luar sana,” tutup NASA.

Kita tunggu saja, apakah NASA akan menemukan exoplanet lagi di tahun 2022 ini yang mungkin saja mirip dengan planet Bumi. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0