NASA “Goda” Alien dengan Kirim Foto Telanjang dan Peta Bumi

Telset.id, Jakarta – Peneliti NASA terus berupaya agar mereka bisa berkomunikasi dengan alien di luar angkasa, setidaknya mendapatkan perhatian mereka. Berbagai cara dilakukan NASA, termasuk kirim undangan dengan foto manusia telanjang dalam bentuk biner ke alien.

Lewat program berjudul “A Beacon in the Galaxy”, NASA mengirim pesan berisi budaya dan bahasa manusia ke Galaksi Bima Sakti supaya bisa dibaca dan direspon oleh makhluk alien di luar angkasa.

Dikutip dari CNN pada Rabu (11/5/2022), proposal program ini dipublikasikan di Arxiv.org dan dipresentasikan oleh 11 peneliti dari berbagai institusi, termasuk dari NASA Jet Propulsion Laboratory.

Ada banyak pesan yang NASA kirim untuk alien di luar sana, selain adanya foto sepasang laki-laki dan perempuan dalam keadaan telanjang dengan pose melambaikan tangan.

Baca juga: 10 Temuan Mencengangkan Tentang Alien

Misalnya saja seperti stempel waktu dan lokasi, representasi visual dari struktur heliks ganda DNA dan atom hidrogen, penjelasan visual aljabar dan operasi matematika lainnya, ilustrasi tata surya, hingga peta bumi.

Pesan-pesan tersebut dikodekan dalam bahasa biner atau bentuk matematika paling sederhana yang terdiri dari angka 0 dan 1 saja. Menurut peneliti, bahasa biner lebih dapat dimengerti oleh alien yang memiliki kecerdasan luar angkasa atau Extra-Terrestrial Intelligence (ETI).

NASA kirim foto telanjang ke alien
Foto manusia telanjang yang rencananya mau dikirim untuk alien di luar angkasa (Sumber foto: Malaymail)

“Meskipun konsep matematika dalam istilah manusia berpotensi tidak dapat dikenali oleh ETI, biner kemungkinan bersifat universal di semua kecerdasan,” kata para peneliti.

“Detail dari ETI tertentu yang tidak diragukan lagi akan menarik bagi kami, dan relevan jika pertukaran informasi lebih lanjut dibuat. Bisa jadi suatu hari nanti kami bisa bertemu secara fisik,” sambungnya.

Baca juga: Astronom Temukan Galaksi Terjauh di Alam Semesta

Kemudian pesan ditutup dengan undangan bagi makhluk luar angkasa untuk merespons pesan tersebut. Harapannya alien bisa membalas pesan itu sehingga bisa terjadi pertukaran informasi antara manusia dan alien.

Untuk mengirimkan pesan ke luar angkasa untuk alien, peneliti NASA menggunakan teleskop radio terbesar di dunia yakni FAST Observable Field yang berlokasi di China.

Meski terkesan unik, sebenarnya mengirim gambar telanjang ke alien di luar angkasa pernah dilakukan pada tahun 1970-an tepatnya pada Misi Pioneer 10 dan 11. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0