Keren! Mobil Terbang Bakal jadi Transportasi di Ibu Kota Nusantara

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia bakal menggunakan teknologi mobil terbang, sebagai transportasi di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). Uji coba teknologi mobil terbang rencananya akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Dikutip Telset dari Mashable pada Senin (05/12/2022), Pemerintah Indonesia dalam hal ini Departemen Transformasi Hijau dan Digital di Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), menggandeng Hyundai Motor Group untuk mengembangkan teknologi mobil terbang.

Alasannya karena Hyundai sukses membangun teknologi Advanced Air Mobility (AAM) di Korea Selatan, sehingga dianggap kompeten untuk membangun teknologi serupa di Nusantara.

BACA JUGA:

Menurut wakil kepala Departemen Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Profesor Mohammed Ali Berawi pembangunan IKN mengacu pada perkembangan teknologi di masa depan. Salah satunya teknologi mobil terbang, yang diprediksi bakal ramai digunakan sebagai transportasi pada tahun 2045 mendatang.

“Kami tidak membangun kota ini untuk 2024, kami melihat ke depan ke 2045, jadi saat itulah teknologi mobil terbang menjadi banyak digunakan. Sekarang, sulit membayangkan mobil terbang, tapi mungkin mereka akan ada pada tahun 2035. Kita bisa menjadi salah satu pelopor untuk pengembangan teknologi,” jelas Mohammed Ali Berawi.

Rencananya uji coba mobil terbang sebagai transportasi akan dilakukan pada tahun 2024, alias bertepatan dengan peresmian IKN yang dilakukan di tahun yang sama. Perlu diketahui bahwa Ibu Kota Nusantara, merupakan calon ibu kota baru Indonesia.

Lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Timur, dan dalam pembangunannya Pemerintah Republik Indonesia berusaha untuk mengadopsi teknologi terkini di wilayah IKN. Misalnya saja menggunakan teknologi metaverse.

Pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan PT Avatara Jagat Nusantara membangun metaverse pertama buatan Indonesia bernama Jagat.io.

Dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (31/10/2022), Presiden Joko Widodo menyebut kalau Jagat adalah metaverse pertama di Indonesia yang terhubung dengan ibu kota nyata yakni Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA: 

“Hadirnya Nusantara ke dalam Metaverse dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara, terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membentuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi mereka secara virtual,” jelas Joko Widodo kala itu. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0