telset

Meta Buat Teknologi Kulit Elektronik, Apa Keunggulannya?

Telset.id, Jakarta – Baru saja berganti nama dari Facebook ke Meta, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg ini dikabarkan mengembangkan teknologi canggih berupa kulit elektronik bernama ReSkin. Kira-kira apa keunggulan dari ReSkin? 

Dilansir Telset dari Newatlas pada Jumat (5/11/2021), Facebook berkolaborasi dengan Universitas Carnegie Mellon untuk pengembangan ReSkin. Kulit elektronik ini berbentuk membran elastomer yang elastis dan fleksibel. Tebalnya sekitar 2 hingga 3 mm dan didukung oleh teknologi mikropartikel magnetik.

ReSkin memiliki berbagai keunggulan. Kulit canggih buatan Meta ini diklaim mampu mendukung berbagai teknologi canggih seperti robot tangan, alat buatan yang menyerupai tubuh atau prostesis, dan sarung tangan pintar.  

Baca juga: Terinspirasi Star Wars, Ilmuwan Ciptakan Kulit Elektronik

Selain itu ReSkin juga murah dan mudah diganti. Penyebabnya karena bahan ReSkin tidak memasukkan komponen elektronik apa pun, juga tidak terprogram untuk apa pun. Oleh karena itu jika terjadi kerusakan ReSkin tinggal diganti tanpa perlu pemasangan ulang. 

Facebook Meta Kulit Elektronik ReSkin
Pegangan robot yang dilapisi ReSkin sedang menggenggam dan mengangkat blueberry tanpa menekannya. (Sumber foto: Newatlas.com)

Dalam tes yang dilakukan, ReSkin bisa dipakai untuk berbagai kegiatan seperti melempar, menangkap, tergelincir, dan bertepuk tangan dengan baik. Kulit elektronik Meta juga bisa menerima lebih dari 50.000 interaksi dan sangat sensitif. 

Bahkan resolusi spasial ReSkin mencapai 1 mm dengan akurasi 90%. Diharapkan setelah ReSkin dikembangkan lebih lanjut, teknologinya dapat digunakan untuk memberikan rasa sentuhan secara real-time. 

ReSkin juga diharapkan dapat mengumpulkan data yang dapat dimasukkan ke dalam teknologi berbasis AI yang ditingkatkan. Jadi kita tunggu pengembangan teknologi ReSkin buatan Meta.

Facebook Berubah Nama jadi Meta 

Facebook Meta Kulit Elektronik

Seperti diketahui bahwa minggu lalu Facebook Inc, induk perusahaan dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Oculus, dan lainnya, resmi ganti nama menjadi Meta. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg di acara tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021).

Nama Meta memiliki makna yang luas bagi Facebook. Menurut Zuckerberg, Meta menjadi tanda bahwa perusahaan yang dipimpinnya menempatkan manusia sebagai pusat teknologi.

Baca juga: Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

“Kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk terhubung. Bersama-sama, kami akhirnya dapat menempatkan orang di pusat teknologi kami. Dan bersama-sama, kita dapat membuka ekonomi kreator yang jauh lebih besar,” tuturnya.

Tampaknya ReSkin adalah salah satu langkah Meta untuk mengembangkan berbagai teknologi canggih. Jadi kemungkinan kita akan melihat berbagai inovasi-inovasi lain yang akan dibuat Meta di masa mendatang. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0