Demi Lawan Apple, Meta Mau Ambil Teknologi AR Magic Leap

Telset.id, Jakarta – Demi melawan Apple di pasar headset Augmented Reality dan Virtual Reality (AR/VR), Meta dikabarkan mau mengambil teknologi AR milik Magic Leap alias melisensikan teknologi agar bisa diakses oleh Meta.

Menurut Financial Times, kedua perusahaan sedang dalam pembicaraan untuk menandatangani pakta lisensi dan manufaktur IP mengenai teknologi AR dan VR multi tahun alias dalam kurun waktu tertentu.

Dalam kesepakatan tersebut Magic Leap memberi Meta akses ke beberapa teknologi optiknya, sehingga Meta dapat membuat teknologi lebih banyak headset VR di dalam negeri pada saat ada lebih banyak tekanan bagi perusahaan Amerika Serikat untuk mengurangi ketergantungan mereka pada China.

Magic Leap mengatakan kepada Financial Times bahwa kemitraan menjadi lini bisnis yang signifikan dan peluang yang berkembang untuk bagi perusahaan.

BACA JUGA:

CEO Magic Leap  Peggy Johnson mengklaim kalau akhir tahun lalu banyak perusahaan yang tertarik melisensikan IP mereka untuk menghasilkan perangkat optik optik berbasis AR atau VR.

Dikutip Telset dari Engadget pada Selasa (23/05/2023), Meta tidak memberikan tanggapan soal rumor ini. Meski begitu, cukup logis kalau akhirnya Meta membuka obrolan dengan Magic Leap untuk memperoleh teknologi mereka.

Mengingat Meta berada di bawah tekanan dari investor untuk menunjukkan bentuk nyata dari dari visi CEO Mark Zuckerberg untuk masa depan komputasi. Ditambah lagi divisi Reality Labs yang berfokus untuk memproduksi perangkat keras dan lunak dari Augmented Reality dan Virtual Reality belum menghasilkan apa-apa.

Secara terpisah, Apple diperkirakan akan memasuki pasar headset AR bulan depan ketika perusahaan mengadakan konferensi pengembang Worldwide Developers Conference (WWDC), pada awal Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA: 

Kita nantikan saja inovasi apa yang akan dibuat oleh Meta, untuk bersaing melawan Apple dan mungkin saja vendor lain di pasar headset AR global. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI