Demi Keamanan, Apple Larang Karyawan Kerja Pakai ChatGPT

Telset.id, Jakarta – Apple mengeluarkan kebijakan baru, dengan melarang karyawan untuk bekerja menggunakan aplikasi ChatGPT, Google Bard dan Bing demi menjaga keamanan data perusahaan.

Selain itu menurut laporan The Wall Street Journal, Raksasa Teknologi yang bermarkas itu Cupertino juga telah memperingatkan karyawannya agar tidak menggunakan Microsoft’s Copilot yaitu perangkat lunak yang membantu penulisan kode perangkat lunak.

Larangan tersebut muncul di tengah kekhawatiran tentang bagaimana chatbot AI ini, seperti ChatGPT, menangani data pengguna. Platform ini memiliki basis pengguna gabungan ratusan juta, dan cara mereka menggunakan data pengguna untuk melatih AI mereka telah menjadi perhatian yang signifikan.

BACA JUGA:

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Senin (22/05/2023), kebijakan menggunakan ChatGPT ketika bekerja merupakan bagian dari upaya Apple untuk mencegah pemaparan data rahasia secara tidak sengaja dan bertepatan dengan rencananya untuk membangun teknologi serupa secara internal.

Mantan karyawan Google John Giannandrea yang sekarang menjadi wakil presiden senior di Apple, kabarnya tengah mengembangkan teknologi model bahasa yang hasil akhirnya akan menjadi chatbot AI seperti ChatGPT.

Apple mengikuti jejak Samsung, perusahaan keuangan JP Morgan, Goldman Sachs dan perusahaan besar lainnya yang melarang karyawan menggunakan chatbot berbasis teknologi AI seperti ChatGPT atau Google Bard selama bekerja.

Tujuannya sama seperti Apple, untuk menjaga keamanan data karyawan dan perusahaan. Khusus Samsung, perusahaan Korsel itu mengalami kejadian yang tidak menyenangkan karena source code perusahaan yang harusnya rahasia malah tersebar di ChatGPT karena ada karyawan yang menggunakan chatbot itu ketika bekerja.

BACA JUGA:

Sehingga Samsung mengembangkan alat AI-nya dan telah menginstruksikan karyawan untuk tidak membagikan informasi perusahaan atau pribadi apa pun dengan chatbot pihak ketiga. Belum diketahui bentuk teknologi AI buatan Samsung yang dimaksud, serta kapan inovasi tersebut akan diluncurkan diluncurkan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI