Mesin Fax Segera Masuk Lemari Benda Bersejarah di Inggris

Telset.id, Jakarta – Mesin fax segera masuk lemari benda-benda bersejarah. Perangkat yang secara resmi dikenal sebagai mesin faksimili itu pernah menjadi andalan.

Sekarang, mesin fax seolah tidak lagi dibutuhkan. Bahkan, regulator komunikasi Inggris, yakni Ofcom, sedang konsultasi mengenai perubahan aturan telekomunikasi.

Dengan kata lain, penyedia telekomunikasi di Inggris tak lagi diharuskan untuk menyediakan layanan faksimili di bawah kewajiban layanan universal atau disingkat USO.

BACA JUGA:

“Kami mengusulkan perubahan aturan,” kata Ofcom, Telset kutip dari BBC, Kamis (3/11/2022). Kini, ada dua penyedia telekomunikasi untuk layanan universal di Inggris.

Dua penyedia itu adalah BT dan KCOM. Pada 2003 lalu, Ofcom mendirikan USO ketika mesin faksimili lebih umum dan tidak banyak orang yang terhubung melalui email.

Dulu, USO mengharuskan BT dan KCOM menyediakan layanan faksimili. Akan tetapi, migrasi jaringan telepon ke protokol internet telah “membunuh” layanan faksimili.

Regulator telah konsultasi secara luas pada tahun lalu, Mereka menganggap bahwa faksimili harus dihapus dari USO mengingat penggunaannya yang sangat terbatas.

Jutaan faksimili telah dikirim dan diterima selama bertahun-tahun. Beberapa di antaranya menjadi tengara dalam sejarah komunikasi peradaban manusi di Bumi.

Mereka bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk mengirim salinan yang tepat dari halaman teks atau gambar ke penerima menggunakan saluran telepon.

Itulah satu alasan faksimili digunakan dalam transaksi uang dengan tenggat waktu ketat, seperti penjualan rumah, karena memungkinkan kontrak ditukar cepat.

Agen pesepakbola menggunakan layanan faksimili untuk mengamankan transfer pemain meskipun metode tersebut telah dihentikan oleh otoritas Liga Premier Inggris.

Klub sekarang memiliki opsi untuk mengirim faks desktop dan dokumen yang dipindai melalui email. Pemain bola basket Michael Jordan pernah punya cerita tentang itu.

Ia bertanggung jawab atas salah satu faks paling terkenal dalam sejarah olahraga pada 1995 ketika mengirim pesan berbunyi “Saya kembali” ke tim lama Chicago Bulls.

BACA JUGA:

Dalam beberapa tahun terakhir, faksimili menjadi lebih terbatas digunakan meski masih bekerja di beberapa profesi seperti administrasi medis dan penegakan hukum.

Pada 2018 lalu, terdapat larangan langsung bagi layanan kesehatan yang membeli mesin fax dengan tujuan untuk menghapus secara bertahap selama dua tahun atau 2020. Ofcom mengharapkan untuk menerbitkan pernyataan tentang perubahan pada awal 2023. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0