Keberadaan Alien Kian Nyata Berkat Studi Bulan Saturnus Enceladus

Telset.id, Jakarta – Keberadaan alien kian menarik karena tim ilmuwan baru-baru ini menemukan bukti baru mengenai bulan Saturnus bernama Enceladus.

Keberadaan alien menemui bukti kuat setelah diketahui bahwa Enceladus mempunyai lautan yang mengandung semua kebutuhan dasar kelangsungan hidup.

Menurut studi baru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti percaya bahwa Enceladus dipenuhi fosfor terlarut.

Seperti Telset kutip dari Gadgets360, Rabu (28/9/2022), fosfor terlarut merupakan bahan penting bagi kehidupan. Bahan tersebut terhampar di Enceladus.

“Enceladus adalah satu target utama dalam pencarian manusia untuk kehidupan di tata surya kita,” kata Christopher Glein dari Southwest Research Institute.

“Apa yang telah kami pelajari adalah bahwa bulu-bulu itu mengandung hampir semua kebutuhan dasar kehidupan seperti yang kita ketahui,” tambah Glein.

Ia juga menyebutkan, bahwa ketika unsur bioesensial fosfor belum diidentifikasi secara langsung, timnya menemukan bukti ketersediaannya di lautan di bawah kerak es bulan.

Menjalankan model dengan data di sistem dasar laut di Enceladus, para peneliti memperkirakan, seharusnya ada lebih banyak fosfor daripada di air laut Bumi.

“Apa artinya ini bagi astrobiologi? Artinya kita bisa lebih yakin daripada sebelumnya bahwa lautan Enceladus dapat dihuni,” tambah Glein, yang juga penulis.

Para peneliti mencatat bahwa sebelumnya Enceladus mungkin tidak memiliki tingkat fosfor yang memadai untuk mendukung kehidupan maklhuk atau alien.

Namun, dengan studi baru, Glein menyarankan agar penyelidikan dikirim ke Enceladus dalam upaya untuk menyelidiki lautan yang dapat dihuni oleh makhluk.

“Kita perlu kembali ke Enceladus untuk melihat secara lebih pasti apakah lautan yang layak dihuni benar-benar berpenghuni,” katanya sesuai makalah penelitian.

Menurut The Independent, Saturnus bukan satu-satunya planet yang mungkin memiliki kehidupan di sekitarnya. Kehadiran amonia di Venus juga menjadi bukti.

Beberapa peneliti menyarankan bahwa Venus bisa memiliki kehidupan asing di atmosfer belerang. Namun, Venus masih terlalu panas untuk memiliki kehidupan.

Mungkin ada organisme mikroskopis di awan yang memproduksi amonia untuk membuat keasaman jadi netral dengan cara seperti yang dilakukan hewan di Bumi. [SN/IF]