Jellybots, Si Robot Penjaga Terumbu Karang

Telset.id, Jakarta – Untuk mengawasi terumbu karang yang terancam punah di lautan dunia, para ilmuwan akhirnya menggunakan robot jellybots. Robot ini dirancang menyerupai ubur-ubur yang terbuat dari bahan karet silikon yang mampu masuk ke celah terumbu karang yang sempit tanpa menyebabkan kerusakan.

Robot jellybots memiliki tentakel hidrolik dan sepasang pompa impeller yang menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong air ke luar sebagai alat penggeraknya. Nantinya, jellybots akan meluncur di atas terumbu karang untuk memeriksa apabila ada kerusakan.

Baca Juga: NASA Kirim Dua Robot ke Dasar Laut

“Mempelajari dan memantau lingkungan yang rapuh, seperti terumbu karang, selalu menantang bagi para peneliti kelautan. Robot lentur memiliki potensi besar untuk membantu hal ini,” kata Dr Erik Engeberg, dari Florida Atlantic University, seperti dikutip dari Metro, Rabu (19/09/2018).

Robot yang mengadopsi bentuk ikan dan hewan laut lainnya memang tengah populer di komunitas riset dalam beberapa tahun terakhir. Jellyfish merupakan kandidat yang sangat baik, karena mereka adalah perenang yang sangat efisien.

Baca Juga: Robot Ini Mampu Terbang Seperti Lalat Buah

Lima jellybots telah dibuat dengan berbagai tingkat kekerasan pada bahannya dan dicetak menggunakan printer 3D. Robot ini dilengkapi dengan pemrograman navigasi dan sensor lingkungan, untuk membantu mereka menemukan celah dan memutuskan apakah mereka dapat berenang melaluinya, serta memantau kondisi air. (BA/FHP)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here