Blue Origin Sukses Bawa Bos Amazon Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Boz Amazon Jeff Bezos sukses terbang ke luar angkasa pada Selasa (20/7/2021), waktu setempat. Bezos berhasil terbang menggunakan kapsul New Shepard Blue Origin.

Saat berada di dalam kapsul Jeff Bezos mengatakan bahwa terbang ke luar angkasa merupakan momen terbaik dalam hidup.

Baca juga: Roket Blue Origin Siap Antar Wanita Pertama ke Bulan

“Ini hari terbaik yang pernah ada,” kata Bezos singkat, seperti dilansir Telset dari Reuters pada Rabu (20/7/2021).

Dalam penerbangan ke luar angkasa, Bezos ditemani oleh 3 orang astronaut. Pertama saudaranya Mark Bezos yang berusia 52 tahun dan mantan pilot wanita Wally Funk yang berusia 82 tahun.

Baca juga: Roket Blue Origin Siap Antar Wanita Pertama ke Bulan

Ketiga adalah remaja asal Belanda Oliver Daemen. Oliver yang baru berusia 18 tahun ini merupakan sosok yang berhasil memenangkan lelang kursi Blue Origin, sehingga menjadi penumpang berbayar pertama New Shepard Blue Origin.

Peluncuran vertikal kapsul New Shepard dilakukan pada Selasa (20/7/2021), di Texas Amerika Serikat waktu setempat. Dibantu roket pendorong, kapsul tersebut terbang vertikal dengan kecepatan mencapai 3.595 km per jam.

Roket berhasil mendorong kapsul New Shepard hingga mencapai ketinggian 107 km dari permukaan Bumi. Dari dalam kapsul, Bos Amazon tersebut beserta ketiga orang melepaskan ikatannya dan melayang-layang karena disana tidak ada gravitasi.

Setelah itu kapsul kembali ke Bumi dengan parasut, dan Jeff dan kawan-kawannya berhasil pulang dengan selamat. Jika ditotal dari peluncuran hingga pendaratan ke Bumi waktu yang dibutuhkan sekitar 10 menit lebih 10 detik.

Baca juga: Rencana Bezos dan Musk Menjajah Antariksa Sama Gilanya

Ketika sampai ke Bumi, Jeff lagi-lagi mengungkapkan bahwa dirinya bahagia bisa terbang ke luar angkasa menggunakan kapsul buatan perusahaannya.

“Astronaut Bezos di kursi saya. Senang, bahagia, bahagia,” ujar Bezos.

Bezos juga mengucapkan terima kasih atas dukungan karyawan Amazon dan pelanggan Amazon, sehingga New Shepard Blue Origin sukses meluncur ke luar angkasa.

“Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan setiap pelanggan Amazon, karena kalian membayar semua ini,” tambahnya.

Bezos menyatakan bahwa penerbangan ini bukan yang terakhir. Blue Origin merencanakan 2 lagi penerbangan penumpang New Shepard tahun ini. Hal ini karena permintaan terkait layanan penerbangan ke luar angkasa sangat tinggi.

“Permintaannya sangat, sangat tinggi. Hal-hal besar dimulai dari yang kecil,” ungkap Bezos.

Blue Origin sendiri terus berupaya menciptakan agar kendaraan New Shepard dapat digunakan hingga 100 kali penerbangan.

Baca juga: Roket Blue Origin Siap Antar Wanita Pertama ke Bulan

Bezos Kalahkan Richard Branson

Keberhasilan New Shepard terbang ke luar angkasa mencatatkan rekor baru dan secara tidak langsung mengalahkan penerbangan Richard Branson beberapa waktu lalu.

Alasannya karena New Shepard berhasil mencapai ketinggian 107 km atau lebih tinggi dari penerbangan Branson yang mencapai 86 km.

Jeff Bezos Blue Origin
Foto Jeff Bezos ketika berhasil selamat ke Bumi (Foto : Istimewa)

Kemudian New Shepard tidak dikendarai oleh pilot sehingga menjadi penerbangan luar angkasa tanpa pilot pertama di dunia, dengan semua awaknya warga sipil. Berbeda dengan Richard yang harus terbang menggunakan Galactic Unity 22 yang dikendalikan pilot.

Terlepas dari klaim tersebut, Richard Branson tetap memberikan selamat terhadap Bezos beserta Blue Origin. Dirinya mengucapkan melalui akun Twitter pribadinya selang beberapa lama ketika Bezos kembali ke Bumi.

Baca juga: Richard Branson Jadi Turis Pertama Tour ke Luar Angkasa

“Sudah selesai dilakukan dengan baik @blueorigin, @jeffbezos, Mark, Wally dan Oliver. Impresif! Yang terbaik untuk semua kru dari saya dan semua tim di @virgingalactic,” cuit Branson.

Keberhasilan Bezos dan Branson terbang ke luar angkasa, membuat jasa wisata ke luar angkasa akan benar-benar ada. Jika tertarik Anda bisa menabung dari sekarang untuk bisa terbang bersama Virgin Galactic ataupun Blue Origin. [NM/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0