Google Manfaatkan AI untuk Prediksi Banjir 7 Hari Sebelumnya

Telset.id, Jakarta – Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memanfaatkan teknologi AI agar bisa prediksi banjir, dari tujuh hari sebelumnya.

Rencana Google sendiri sebenarnya sudah pernah dipublikasikan sebelumnya dalam jurnal sains terkenal yang membahas tentang kondisi alam. Namun baru kali ini coba diwujudkan.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa banjir merupakan salah satu bencana alam yang paling sering terjadi di seluruh dunia, termasuk di negara kita Indonesia. 

BACA JUGA:

Walaupun menjadi bencana yang sering terjadi, sayangnya banjir sulit diprediksi karena sebagian besar sungai tidak memiliki alat pengukur aliran sungai.

Google berupaya mengatasi masalah banjir ini dengan  membuat prediksi melalui teknologi AI yang meliputi semua jenis data yang relevan, termasuk peristiwa sejarah, pembacaan ketinggian sungai, pembacaan ketinggian dan medan, dan banyak lagi. 

Setelah itu, raksasa mesin pencari ini juga membuat peta lokal dan menjalankan ratusan ribu simulasi di setiap lokasi, menurut laporan Engagdet

Kombinasi teknik ini memungkinkan model AI dari Google bisa memprediksi banjir yang akan datang secara akurat.

Pendekatan yang dilakukan ini menghasilkan model yang sangat akurat untuk lokasi tertentu, namun Google berharap dapat menggunakan teknik ini untuk memecahkan masalah banjir pada skala global. 

Meskipun perusahaan berhasil memprediksi beberapa banjir tujuh hari sebelumnya, rata-rata banjir terjadi sekitar lima hari. Namun, Google yakin bahwa mereka telah memperpanjang kemampuan siaran global yang tersedia saat ini dari nol menjadi lima hari.

Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan perkiraan secara signifikan di wilayah yang kurang terwakili, seperti beberapa bagian di Afrika dan Asia.

Secara menyeluruh, teknologi ini memungkinkan Google memberikan perkiraan banjir yang akurat di 80 negara, dengan total populasi 460 juta jiwa.

Perkiraan ini akan tersedia di Google Search, Google Maps, dan bahkan melalui notifikasi Android. 

BACA JUGA:

Lalu, Google juga menjanjukan akan terus mengeksplorasi potensi AI untuk menciptakan prakiraan banjir yang lebih baik, dan perusahaan juga bekerja sama dengan peneliti akademis untuk menyempurnakan pendekatan berbasis AI.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI