Momen Dua Astronaut Berjalan di ISS Berhasil Diabadikan dari Bumi

Telset.id, Jakarta – Momen langka berhasil diabadikan oleh fotografer bernama Sebastian Voltmer. Menggunakan teleskop C11 EdgeHD, fotografer berkebangsaan Jerman ini berhasil mengambil foto 2 astronaut yang sedang melakukan pemeliharaan di Stasiun Luar Angkasa ISS.

Voltmer mengambil gambar pada 23 Maret yang lalu. Dari Bumi, ia berhasil memotret foto langka saat astronaut Amerika Serikat, Raja Chari dan astronaut Jerman, Matthias Maurer, keluar dari Stasiun Luar Angkasa ISS selama kurang lebih 6 jam.

Keduanya berjalan di luar angkasa, karena ingin memasang kamera serta melakukan pemeliharaan dan peningkatan stasiun.

Baca juga: Satelit Roscosmos Rusia Keluar dari ISS

“Gambar lintasan ISS ini diambil pada 23 Maret 2022, dalam kondisi penglihatan yang baik melalui teleskop C11 EdgeHD saya dari kampung halaman astronaut ESA Dr. Matthias Maurer,” kata Voltmer kepada Spaceweather.com.

Astronaut Berjalan di Luar Angkasa
Hasil foto karya Sebastian Voltmer

Setelah mengambil gambar, Voltmer kemudian mempresentasikan hasil foto astronaut Stasiun ISS ke media massa Jerman. Foto tersebut lalu dipublikasikan di Jerman dan menjadi viral.

“Saya merasa seperti saya baru saja membuat gambar sekali seumur hidup Ini mungkin gambar darat pertama yang menunjukkan 2 spacewalker di ISS pada saat yang bersamaan,” ungkapnya, seperti dikutip dari Science Alert pada Selasa (5/4/2022).

Baca juga: 5.000 Exoplanet Baru Berhasil Ditemukan

Voltmer bukan orang satu-satunya yang mampu mengabadikan astronaut dari Bumi. Teman Voltmer yakni Philip Smith juga berhasil mengabadikan foto astronaut Raja Chari saat berada di luar angkasa, tepatnya ketika bertengger di lengan robot Canadarm 2.

Lalu pada 2 Maret 2011 fotografer amatir Ralph Vandebergh menangkap gambar astronaut  Amerika Serikat Steve Bowen berjalan di luar angkasa, tepatnya ketika berada di Vandebergh robot Canadarm 2.

Astronaut Berjalan di Luar Angkasa
Foto Astronot Stephen Bowen yang diambil oleh fotografer Ralf Vandebergh pada Maret 2011

Foto astronaut berjalan di luar angkasa memang sering kita lihat dan juga dipublikasikan oleh NASA atau badan antariksa negara lain. Namun, foto karya Sebastian Voltmer lebih bernilai tinggi karena diambil dari Bumi yang jaraknya sangat jauh dengan luar angkasa. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0