telset

Canggih! Face Recognition Kini Berguna untuk Beruang dan Sapi

Telset.id, Jakarta  – Saat ini, hampir semua orang menggunakan sistem pengenalan wajah atau facial recognition. Namun, jangan anggap teknologi ini cuma untuk manusia saja, karena teknologi ini juga dipakai untuk melacak beruang dan sapi.

Menghabiskan waktu lebih dari satu dekade melacak dan mempelajari beruang grizzly di British Columbia, Kanada, ahli biologi Melanie Clapham bekerja sama dengan dua pekerja teknologi yang berbasis di Silicon Valley.

Mereka membuat perangkat lunak face recognition untuk binatang bernama BearID. Dirancang untuk memantau dan melacak beruang grizzly lewat perbedaan kecil seperti bekas luka, proyek tersebut untuk mengenali 132 hewan.

Mengadaptasi program kecerdasan buatan yang ada, tim mengumpulkan 4.674 gambar beruang grizzly. Menurut penelitian tim, seperti dikutip Telset dari CNET, Selasa (24/11/2020), sistem tersebut punya akurasi 84 persen.

{Baca juga: Aksesoris Aneh Ini Bisa Kecoh Sistem Pengenal Wajah}

Menurut CNN, Clapham percaya bahwa perangkat lunak face recognition untuk binatang itu adalah cara yang lebih murah, kurang invasif, dan lebih aman untuk melacak hewan daripada metode penjagaan yang selama ini digunakan.

Menariknya, teknologi face recognition ini tidak hanya untuk beruang, tapi binatang lainnya. Di Kansas, Amerika Serikat, peternak sapi bernama Joe Hoagland sedang membangun perangkat lunak serupa untuk melacak sapi.

Ia sedang mengerjakan aplikasi bernama CattleTracs, yang memungkinkan siapa saja untuk memotret ternak dan menginputi ke database online, menggunakan detail termasuk koordinat GPS dan waktu real-time.

Sapi di Inggris Juga Menikmati Teknologi 5G

Face Recognition Binatang

Bukan cuma teknologi face recognition saja yang bisa dipakai oleh binatang, teknologi 5G pun sudah dapat dinikmati oleh sapi-sapi di Inggris.

Di Inggris setidaknya ada 50 sapi perah mengenakan kerah cerdas yang dapat mengendalikan sistem pemerahannya. Teknologi ini disematkan jaringan 5G yang merupakan bagian dari uji coba jaringan pedesaan yang dikembangkan oleh Cisco Systems.

{Baca juga: Mantap! Sapi di Inggris Juga Menikmati Teknologi 5G}

Bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya cukup mudah. Ketika seekor sapi memasuki stasiun pemerahan susu, kerahnya akan mengingatkan mesin untuk mulai memompa. Unik kan?

Tentu saja, melacak hewan dengan perangkat yang terhubung bukanlah hal yang baru, dan kita sudah melihat banyak teknologi canggih masuk ke industri pertanian. Seperti halnya di tempat lain, 5G hanya berjanji untuk membuat aplikasi ini lebih cepat dan lebih mudah. (SN/MF)

SourceCNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0