Aksesoris Aneh Ini Bisa Kecoh Sistem Pengenal Wajah

Telset.id, Jakarta – Banyak orang merasa tidak nyaman dengan penggunaan teknologi pengenal wajah atau Face Recognition. Privasi mereka di tempat umum merasa dilanggar lantaran terpantau oleh kamera keamanan.

Namun, perancang Ewa Nowak menemukan solusi untuk masalah itu. Ia mewujudkannya dalam bentuk perhiasan. Kok bisa? Ya, Nowak menciptakan perhiasan spesial yang tampak aneh ketika dipakai oleh siapapun.

{Baca juga: Polisi AS Pakai Sistem Pengenal Wajah Amazon}

Perhiasan tersebut mampu mengalahkan sistem pengenal wajah. Perhiasan itu terdiri atas dua lingkaran kuningan yang menempel di tulang pipi. Ada pula kuningan panjang yang lokasinya naik dari bawah ke dahi.

Sekilas, menurut laporan Ubergizmo seperti dikutip Telset.id, Jumat (19/7/2019), perhiasan spesial tersebut mirip kacamata atau pelindung wajah yang kerap dipakai oleh para pemain sepak bola ketika sedang bertanding.

Meski demikian, Nowak memberi catatan bahwa agar perhiasan bisa dipakai efektif, sebelumnya perlu dilakukan pengukuran dan pencocokan cetakan ke wajah si calon pemakai. Artinya, perhiasan itu tak dijual bebas.

Nowak belum berencana untuk memproduksinya secara massal. Ia memandang, perhiasan tersebut diciptakan lebih sebagai karya seni daripada produk. Berapa harga satuannya? Sayang sekali, Nowak tak membeberkannya.

{Baca juga: Sistem Pengenalan Wajah Gagal Lindungi Pria Ini saat Tidur}

Teknologi pengenal wajah memang marak diterapkan, khususnya di ponsel. Keberadaannya memang memudahkan, namun juga membuat privasi semakin berkurang. Sebagian orang pun merasa tak nyaman.

Untuk tetap memberi jarak dengan pengenal wajah, agen intelijen memberi bocoran. Menurutnya, teknologi pengenal wajah “dapat diakali” dengan memakai kacamata hitam ukuran besar yang dapat menyamarkan mata dan alis. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI