Penjualan Voucher Game Online Naik Signifikan Selama Pandemi

Telset.id, Jakarta – Industri game online di Indonesia tengah berkembang dengan pesat. Banyak faktor pendukung yang melatar belakanginya, salah satunya adalah transaksi voucher game online.

Di Indonesia, selain terjadi peningkatan pada unduhan game online sebanyak 75% di kuartal pertama 2020 dibanding tahun sebelumnya, transaksi voucher game online di platform digital juga semakin ramai.

Menurut laporan Decision Lab & Mobile Marketing Association, Indonesia juga menempati peringkat ke-12 di pasar gaming dunia dengan total pemain aktif sebanyak 62,1 juta orang berdasarkan data dari Indonesia Esports Premier League pada tahun 2019.

Jumlah ini diprediksi terus bertumbuh mencapai 100 juta di tahun 2020. Otomatis, fenomena ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan transaksi digital.

{Baca Juga: Rekomendasi 7 Situs Top Up Voucher Game Murah di Indonesia}

Transaksi Voucher Game Online

Voucher game online Ottopay
Transaksi Diamond di Mobile Legends (Foto: Grid)

Terjadi peningkatan transaksi digital yang terjadi selama masa pandemi Covid-19, salah satunya penjualan voucher game online dari layanan Payment Point Online Bank (PPOB) milik OttoPay.

Berdasarkan laporan dari Ottopay, mereka berhasil meningkatkan rata-rata transaksinya hingga 10 kali lipat.

“Kami melihat bahwa game online yang semakin banyak penggemarnya selama masa pandemi ini bukan sekadar hobi, tetapi juga menumbuhkan potensi pemain game aktif,” jelas Product Business Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Tommy Renato.

{Baca Juga: Rekomendasi Build Hanabi Mobile Legends Tersakit 2020}

Menurut Tommy, sejak Januari hingga Oktober 2020, kenaikan transaksi dari penjualan voucher game online mencapai 82% atau rata-rata 10 kali lipat.

Hingga bulan Oktober, peningkatan mitra aktif terjadi sebanyak 400%, dengan momen paling signifikan pada bulan Mei 2020 yang mencapai 68%.

“Kami melihat trennya masih akan naik karena para developer games juga semakin aktif membuat promo-promo dan kompetisi yang diadakan berbagai pihak juga semakin banyak,” sambung Tommy.

Dari lonjakan transaksi voucher game online oleh mitra OttoPay yang tersebar di seluruh Indonesia, tercatat peningkatan paling besar terjadi di lima wilayah, yaitu DKI Jakarta (2.500%), Jawa Timur (1.800%), Sulawesi Selatan (1.300%), Banten (750%), dan Jawa Barat (540%).

Melalui fitur PPOB voucher online games ini, Mitra OttoPay bisa menawarkan voucher untuk Free Fire, Mobile Legend, Ragnarok, AOV, Speed Drifters, dan Battle Grounds.

Dari semua game tersebut, Free Fire adalah yang paling banyak diminati dan menguasai lebih 70% dari keseluruhan transaksi voucher game online.

{Baca Juga:10 Game Dewasa Android untuk 18 Tahun ke Atas}

“OttoPay percaya, bahwa masa pandemi bukan penghalang bagi mitra UMKM untuk memperluas bidang usaha. Industri e-sport, games online, dan UMKM nyatanya dapat saling mendukung dan menjadi sebuah solusi di masa pandemi ini,” kata Tommy.

“Memanfaatkan tren yang ada ini, OttoPay juga akan terus memperkuat ekosistem UMKM melalui berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para mitra,” pungkasnya. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -