Edhy Prabowo “Tersandung” Kasus Lobster, Ini 7 Lobster Raksasa di Dunia

(Sumber gambar : Largest.org)

Telset.id – Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK terkait kasus ekspor benur atau benih lobster. Terlepas dari kasus tersebut, ternyata ada temuan lobster raksasa yang ditangkap nelayan di dunia.

Kasus ekspor benih lobster yang menimpa Edhy Prabowo menjadi bukti bahwa lobster telah menjadi komoditas hewan yang dicari banyak orang. Lobster menjadi komoditas yang menjanjikan karena dagingnya yang enak dan tubuhnya yang besar.

Lobster sejatinya hewan yang berkembang biak di laut lepas. Tapi kini juga sudah diternakkan oleh para nelayan. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil lobster terbesar di dunia.

Selain itu hewan tersebut memiliki ukuran yang besar sehingga menjadi salah satu hewan yang banyak dicari oleh nelayan karena lobster adalah bahan menu makanan terlezat dan termahal di dunia.

Penemuan Lobster Raksasa

Dunia telah mencatat beberapa penemuan lobster jumbo dari berbagai negara. Penemuan hewan tersebut membuat masyarakat kaget karena tidak menyangka lobster bisa hidup dan memiliki tubuh yang sangat besar.

Nah, terlepas dari kasus Edhy Prabowo yang tersandung kasus benih lobster, kali ini kami akan merangkum informasi tentang lobster berukuran raksasa yang pernah ditemukan para nelayan.

Bagi yang penasaran berikut ini Tim Telset akan memberikan 7 penemuan lobster raksasa di dunia. Yuk disimak!

Largest Maine Lobster

Largest Mine Lobster (Foto: Largest.org)

Pertama adalah Largest Mine Lobster, yang ditemukan pada tahun 1926 di Teluk Maine, Amerika Serikat. Ukuran hewan ini sangat besar yakni mencapai 23,3 kg dengan ukuran panjang 83,82 cm dan cakarnya 128,27 cm.

Diduga lobster itu berusia 100 tahun dan Foto diatas merupakan tampilan lobster saat baru ditangkap oleh nelayan. Melansir dari Largest hingga kini lobster tersebut adalah lobster terbesar yang pernah ditangkap manusia.

{Baca juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Warganet Rindu Sosok Bu Susi}

Untuk mengabadikannya Largets Mine Lobster dibawa ke museum pribadi milik pria bernama Charles Q. Eldridge dari Mystic, Connecticut.

Sayangnya di dalam perjalanan lobster tersebut rusak sehingga tubuhnya tidak lagi utuh. Selain itu lobster ini tidak tercatat di Guinness World Records sehingga tidak tercatat sebagai lobster terbesar yang pernah ditangkap di dunia.

Guinness World Record Holder

Guinness World Record Holder (Foto: Largest.org)

Kedua adalah Guinness World Record Holder. Lobster ini tercatat oleh Guinness World Records sebagai lobster terbesar yang ditangkap manusia karena memiliki berat 20,14 kg.

Lobster ini ditangkap di Nova Scotia, Kanada pada tahun 1977 dan sama seperti lobster sebelumnya, diprediksi lobster ini berusia lebih dari 100 tahun.

Rocky

Lobster Rocky (Foto: Largest.org)

Ketiga adalah Rocky yang ditemukan pada tahun 2012 di lepas pantai Maine Amerika Serikat. Lobster bernama Rocky ini ditangkap oleh nelayan dan ketika ditangkap memiliki berat 12,25 kg dan ukuran tubuh 101,6 cm.

Rocky kemudian dibawa ke Maine State Aquarium, Amerika Serikat. Rocky diserahkan ke akuarium karena nelayan Maine tidak diizinkan memelihara lobster yang berukuran lebih dari 1,27 cm.

Setelah dilakukan berbagai penelitian akhirnya Maine State Aquarium melepaskan kembali Rocky ke lautan.

Louie

Louie the Lobster (Foto: Largest.org)

Keempat adalah Louie the Lobster atau Louie. Sekedar informasi Louie ditangkap pada tahun 1997 dan hidup dalam penangkaran di sebuah restoran bernama Peter’s Clam Bar di Hempstead, New York selama lebih dari 20 tahun.

Selama bertahun-tahun, Louie telah tumbuh hingga ukuran terakhirnya yang diketahui yaitu 9,98 kg.

Selanjutnya pemilik Peter’s Clam Bar, Butch Yamali memutuskan untuk melepaskan Louie pada tahun 2017 kepada seorang pelanggan seharga USD 1.000 atau Rp 14,1 juta.

George

George Lobster (Foto: Largest.org)

Kelima adalah George Lobster, yang merupakan salah satu lobster terkenal karena ceritanya dimuat di banyak publikasi berita internasional.

Namun, George ditampilkan untuk usianya dan bukan ukurannya, yang hanya sekitar 9,07 kg tetapi karena George diyakini berusia 140 tahun.

George ditangkap di lepas pantai Newfoundland, Kanada tahun 2008 dan dijual ke restoran City Crab and Seafood.

George tinggal di restoran tersebut selama 10 hari sebelum seorang pelanggan melaporkan lobster tersebut ke People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), yang memohon restoran tersebut untuk melepaskannya.

Ketika itu Manajer restoran Keith Valenti mengatakan bahwa restoran tersebut tidak pernah berencana untuk menjual lobster raksasa kepada siapa pun untuk dimakan tetapi dipelihara untuk menarik perhatian pelanggan.

Big Dipper Lobster

Big Dipper Lobster (Foto: Largest.org)

Keenam adalah Big Dipper Lobster. Penangkapan lobster ini bermula dari foto seorang nelayan memegang lobster besar yang diposting ke Facebook pada tahun 2015.

Pria bernama Ricky Louis Felice Jr. itu bekerja sebagai kelasi di Big Dipper, sebuah kapal lobster yang berbasis di Friendship, Maine Amerika Serikat.

perwakilan kapal Big Dipper menjelaskan bahwa lobster tersebut adalah yang terbesar yang pernah mereka lihat dan diperkirakan beratnya sekitar 9 kg.

Karena lobster jauh lebih besar dari batas resmi aturan Maine, kru harus melepaskan lobster. Felice dan kru mengatakan bahwa mereka berharap bisa bertemu lobster lagi suatu hari nanti.

Larry

Lobster Larry (Foto: Largest.org)

Terakhir adalah Lobster Larry yang ditangkap di  Florida Selatan pada tahun 2016. Larry memiliki berat 6,8 kg dan dimiliki restoran Tin Fish.

Pendiri dan pemilik rantai Tin Fish, Joe Melluso, memperkirakan bahwa Larry berusia sekitar 105 tahun.

{Baca juga: Bikin Gemas! Ini 7 Game Hewan Peliharaan Terbaik di Android}

Kemudian salah seorang pelanggan, Amir Rossi mengumpulkan teman-temannya untuk bekerja demi membebaskan Larry.

Mereka membayar ke Melluso sebesar USD 300 atau Rp 4,2 juta untuk membayar Larry. Akhirnya Larry akhirnya terbebas dari restoran tersebut. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here