Qualcomm Bikin Chipset Khusus untuk Mobil Pintar

Telset.id, Jakarta – Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas Amerika Serikat, Qualcomm memamerkan inovasi terbarunya yakni chipset yang dibuat untuk mobil di masa depan.

Qualcomm Snapdragon dikenal sebagai chipset yang mendukung performa gadget mulai dari smartphone hingga laptop. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat itu membuat inovasi terbaru yaitu chipset untuk mobil.

Dikutip Telset dari Arenaev pada Jumat (06/01/2023), perangkat SoC yang dimaksud bernama Snapdragon Ride Flex SoC, yang masuk dalam portofolio Snapdragon Digital Chassis.

Chipset Snapdragon Ride Flex SoC diklaim sebagai chipset pertama di dunia yang ditujukan untuk mendukung sistem komputasi canggih di dalam mobil.

BACA JUGA:

Chipset Snapdragon bisa dipasangkan dengan berbagai fitur, mulai dari fitur untuk berkendara hingga fitur hiburan. Untuk hiburan, chipset Snapdragon ini akan memberikan grafis imersif sehingga pengemudi serta penumpang bisa memperoleh pengalaman hiburan yang maksimal.

Selain itu Ride Flex SoC ditopang oleh teknologi Snapdragon Ride Vision. Teknologi yang mampu menghadirkan fitur mengemudi otomatis di dalam mobil. Lalu terdapat pula teknologi Automotive Safety Integrity Level D (ASIL-D) khusus, yang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan beberapa sistem dalam mobil secara bersamaan.

“Chipset ini memungkinkan bantuan pengemudi yang aman serta pengalaman berkendara otomatis menggunakan kamera depan dan multi-modal sensors. Kedua teknologi ini dapat meningkatkan persepsi terkait model lingkungan di sekitar kendaraan, yang nantinya akan masuk ke dalam algoritma kontrol kendaraan”, tulis Qualcomm.

Qualcomm Snapdragon Chipset Mobil
Fitur di Snapdragon Ride Flex

Chipset Qualcomm Snapdragon Ride Flex diklaim dapat digunakan untuk mobil model entry-level hingga high-end. Flex SoC juga datang untuk melengkapi komputasi terpusat, dalam kendaraan yang bernama Software Defined Vehicle.

BACA JUGA:

Solusi komputasi mobil yang sedang dikembangkan oleh berbagai perusahaan untuk memberikan performa tinggi pada mobil pintar di masa depan. Snapdragon Ride Flex akan diproduksi mulai tahun 2024, sehingga besar kemungkinan tahun depan kita akan melihat mobil pintar yang didukung oleh chipset Snapdragon. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0