Ilmuwan Ciptakan Chip Vagina untuk Kesehatan Miss V

Telset.id, Jakarta – Chip Vagina pertama di dunia diciptakan oleh para ilmuwan. Perangkat kecil itu berisi sel manusia hidup. Gunanya untuk menjaga kesehatan miss V.

Chip Vagina akan mereplikasi lingkungan seluler saluran miss V. Dengan menambahkan bakteri ke chip, peneliti dapat mempelajari pengaruh berbagai mikroba.

Alat tersebut juga dapat menguji cara berbagai obat dan probiotik mengubah komposisi mikrobioma vagina, komunitas mikroorganisme yang hidup di dalam kanal.

“Mikrobioma vagina berperan penting mengatur kesehatan dan penyakit dan punya dampak besar terhadap kesehatan prenatal,” kata penulis Gautam Mahajan.

BACA JUGA:

Eks peneliti Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering Harvard itu menyebut, chip memberi solusi menarik untuk mempelajari interaksi inang-mikrobioma.

Seperti dilansir Live Science, chip juga mempercepat pengembangan perawatan probiotik potensial dengan memasukkan bakteri menguntungkan ke dalam vagina.

Perangkat tersebut berukuran panjang hanya 2,54 cm dan berisi sel yang disumbangkan dua wanita. Sel dikumpulkan dari lapisan vagina dan jaringan ikat.

Telset kutip pada Rabu (21/12/2022), dua jenis sel itu duduk di kedua sisi membran permeabel, yang mereplikasi struktur tiga dimensi atau 3D dinding vagina.

Para ilmuwan membiarkan sel-sel berkembang biak selama sekitar lima hari di perangkat sebelum menambahkan hormon seks estradiol, suatu bentuk estrogen.

Hormon mengubah gen mana yang “diaktifkan” di jaringan dan memicu produksi lendir, seperti yang akan terjadi secara in vivo. Tim lalu menjalankan beberapa tes.

Bakteri yang biasa ditemukan di vagina, yaitu beberapa strain Lactobacillus, membentuk lebih dari 70 persen mikrobioma sehat, menurut pernyataan Wyss Institute.

Para peneliti menemukan bahwa bakteri Lactobacillus berhasil memproduksi asam laktat di dalam Chip Vagina sehingga bisa menurunkan pH jaringan di dalamnya.

BACA JUGA:

Vagina yang sehat biasanya memiliki pH 4,5 atau kurang atau bersifat asam. Keasaman di kemaluan wanita membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Selain itu, menambahkan Lactobacillus mengurangi jumlah molekul peradangan yang beredar di jaringan. Tim pun melakukan berbagai percobaan pendukung.

Menurut para ilmuwan, Chip Vagina masih punya keterbatasan sehingga tidak dapat sempurna menangkap semua faktor yang memengaruhi mikrobioma miss V. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0