“Cahaya Malam” Mars Terlihat oleh Pesawat NASA

Cahaya malam Mars

Telset.id, Jakarta  – Pesawat luar angkasa MAVEN milik NASA telah melihat cahaya malam Mars dari sinar ultraviolet yang berkedip-kedip di langit malam di Planet Merah tersebut. Tim MAVEN terkejut menemukan bahwa atmosfer berdenyut tepat tiga kali per malam.

Menariknya, peristiwa itu terjadi hanya selama musim semi dan musim gugur Mars. “Cahaya malam Mars terlihat saat angin vertikal membawa gas ke daerah dengan kepadatan lebih tinggi,” kata Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard.

{Baca juga: Heboh Penemuan Tulang Manusia di Mars, Ini Penjelasannya}

Menurut penjelasan mereka, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (16/8/2020), hal tersebut bakal mempercepat reaksi kimia yang diketahui menciptakan oksida nitrat dan menyalakan pancaran sinar ultraviolet.

“Gelombang dan spiral” yang tidak terduga juga terlihat di atas kutub musim dingin Mars. “Gambar MAVEN memberi wawasan global ke dalam gerakan di atmosfer tengah Mars,” kata Nick Schneider dari Universitas Colorado.

Perseverance Rover NASA 2020 baru-baru ini diluncurkan dalam misi epik ke Mars, sebuah perjalanan yang diperkirakan memakan waktu tujuh bulan. Rover akan mendarat di Mars ‘Jezero Crater pada 18 Februari 2021.

{Baca juga: Video Pemandangan Bukit Padang Pasir Mars, Bikin Merinding!}

Durasi misi di permukaan Planet Merah setidaknya satu tahun Mars atau sekitar 687 hari. Sekadar informasi, pada awal bulan ini robot Curiosity Rover milik badan antariksa AS merayakan delapan tahun di permukaan Mars.

Tujuan jangka panjang NASA adalah mengirim misi berawak ke Mars pada 2030-an. Namun demikian, mantan astronot Buzz Aldrin berpendapat lain. Menurutnya, target misi ke Mars pada 2040 nanti lebih realistis.

Sebelumnya, beredar gambar dalam format video 4K nan mempesona memperlihatkan pemandangan Mars dalam definisi super tinggi. Video berdurasi sekitar 10 menit dan diposting di YouTube tersebut direkam oleh robot NASA.

Video luar biasa yang diunggah itu menampilkan pemandangan indah dari permukaan Planet Merah, termasuk padang pasir luas, bukit pasir luas, tebing curam, dan tanah retak yang berserakan dengan batuan bergerigi.

“Baru kali pertama ini cuplikan Mars dibuat dalam video beresolusi 4K yang sangat menakjubkan,” demikian penjelasan sang narator dalam video itu, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (23/7/2020).

Video “perjalanan melintasi permukaan dunia lain” telah diposting oleh Dokumenter ElderFox Inggris, yang dibuat menggunakan foto digital dan diambil oleh tiga penjelajah NASA serta dipancarkan ke Bumi.

Mereka kemudian “dijahit bersama” untuk menciptakan ilusi kamera yang mendayung melintasi lanskap yang sunyi dan tandus dan memberikan apa yang narator sebut sebagai “pengalaman paling hidup di Mars.”

Lokasi yang ditampilkan dalam nama video tersebut meliputi Cape Verde, Santa Maria Crater, Burns Cliff, dan Marathon Valley Entrance. Beberapa pemotretan berhasil menangkap bagian rover yang merekam gambar. [SN/HBS]

SOURCENew York Post
Previous articleTelkomsel Maknai Kemerdekaan dengan Keterbukaan Akses Internet Hingga Pelosok
Next articleSamsung DeX di Galaxy Note20, Perjalanan Inovasi Tiada Henti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here