Bridgestone Bikin Ban Khusus untuk Mobil Penjelajah Bulan

Telset.id, Jakarta – Pabrikan ban Bridgestone sedang merancang ban khusus untuk kendaraan di Bulan. Untuk menggarap ban ini, Bridgestone tergabung di dalam sebuat tim bersama beberapa perusahaan lainnya, yakni Teledyne, Nissan, Sierra Space, dan Textron.

Ban Bridgestone akan menyokong manuver kendaraan Lunar Terrain Vehicle untuk program Artemis NASA yang membawa misi manusia ke Bulan sekitar 2024 atau 2025 mendatang.

“Kemitraan ini membantu semakin memperkuat kekuatan tim kami dan kendaraan tahan lama yang akan menjadi produk hasil kolaborasi,” kata Scott Hall, President of Teledyne Engineered.

“Pengalaman dan reputasi Bridgestone tak tertandingi dan menjadi aset luar biasa bagi kendaraan dalam perjalanannya di permukaan Bulan,” sambungnya.

BACA JUGA:

Bridgestone mulai mengerjakan konsep ban di Bulan ini sejak tahun 2019. Tidak seperti ban pada umumnya yang terbuat dari karet, ban khusus ini dibuat dari paduan logam, seperti di kendaraan Lunar Roving Vehicles yang digunakan selama program Apollo.

Ban tanpa udara ini anti kempes dan mampu mengatasi radiasi kosmik dan perubahan suhu yang sangat ekstrim di permukaan bulan, dimana suhu terendah bisa berkisar -200 derajat, hingga terpanas bisa mencapai 250 derajat sepanjang hari.

Dari gambar konsep ban yang telah dirilis menunjukkan untaian logam yang dibungkus menjadi bentuk toroid. Tetapi desain ban konsep tersebut masih tahap awal dan belum desain final.

Namun, Telset kutip dari New York Post, Kamis (22/9/2022), Bridgestone sebenarnya bukan satu-satunya pabrikan ban yang bakal “meninggalkan bekas ban” di permukaan Bulan.

Sebelumnya, Goodyear juga dikabarkan berkolaborasi dengan General Motors dan Lockheed Martin sedang menggarap ban untuk “mobil off-road” di Bulan. Kendaraan ini juga bisa digunakan dalam misi Artemis NASA di Bulan.

NASA bukan satu-satunya entitas yang akan menggunakannya. General Motors dan Lockheed Martin berencana mengirim mobil buatan mereka ke permukaan Bulan dengan atau tanpa NASA.

Ban Bridgestone bulan Goodyear
Astronot Eugene A. Crenan, Komandan Misi dengan kendaraan Lunar Roving Vehicle dalam misi Apollo 17 ke Bulan pada tahun 1972 (Foto: Getty Images)

General Motors dan Lockheed Martin menawarkan misi apa pun yang dikunjungi melalui program sewa dan merancang kendaraan untuk beroperasi selama satu dekade atau lebih.

Goodyear mempunyai beberapa pengalaman di bidang ini saat mengembangkan ban mesh yang digunakan oleh Lunar Roving Vehicle dalam misi Apollo di tahun 1972. Kini pabrikan ban asal Ohio Amerika Serikat itu sedang merancang desain ban baru untuk di Bulan.

BACA JUGA:

“Semua yang kami pelajari untuk lingkungan operasi Bulan akan membantu menciptakan ban tanpa udara yang lebih baik,” kata Chris Helsel, Wakil Presiden Senior, Operasi Global dan Chief Technology Officer Goodyear.

Seperti diketahui, upaya pertama NASA untuk meluncurkan roket Artemis 1 pada bulan Agustus dan September 2022 mengalami kegagalan karena masalah teknis. Peluncuran pun terpaksa ditunda.

Setelah dua kali gagal mengorbit, NASA pun berencana untuk melakukan peluncuran lagi roket tanpa awak sebagai rangkaian misi Artemis 1 pada 27 September 2022 mendatang. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0