Artemis 1 Bakal Diluncurkan Minggu Dini Hari WIB, Simak Detailnya

Telset.id, Jakarta – Peluncuran Artemis 1 bakal digelar oleh NASA pada Sabtu (3/9/2022), pukul 14.17 EDT atau Minggu (4/9/2022) dini hari, pukul 01.17 WIB nanti.

Artemis 1 sempat tertunda meluncur gara-gara persoalan mesin roket, Senin (29/8/2022) lalu. Roket super tersebut terdiri atas kapsul Orion berisi enam orang.

Ketika itu, para insinyur tidak berhasil untuk mendinginkan satu dari empat mesin RS-25 tahap inti roket ke suhu yang aman pada waktu untuk diluncurkan.

Masalah itu, bersama dengan kondisi cuaca yang buruk, memaksa NASA membatalkan peluncuran pesawat ruang angkasa hanya dua menit sebelum jadwal.

BACA JUGA:

Peluncuran berikutnya akan dilakukan pada 3 September 2022 waktu setempat atau 4 September 2022 dini hari WIB, sehari lebih lambat daripada agenda.

Sedianya, peluncuran susulan akan berlangsung pada Jumat (2/9/2022) waktu setempat. Namun, jadwal mundur  karena risiko tinggi kondisi cuaca buruk.

“Waktu landasan peluncuran pada Sabtu adalah 14.17 EDT,” terang Mike Sarafin, manajer misi Artemis NASA, ketika konferensi pers, beberapa hari lalu.

NASA menyebut, penerbangan ini sebagai yang pertama dari tiga misi, yang akan jadi ujian penting untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem darat.

Tujuanya untuk suatu hari mengangkut manusia pertama ke Mars dan seterusnya. Uji terbang Artemis 1 tanpa awak akan diikuti Artemis 2 dan Artemis 3.

Seperti Telset kutip dari Live Science, Kamis (1/9/2022), masing-masing misi susulan tersebut akan berlangsung pada 2024 dan 2025 atau 2026 mendatang.

Artemis 2 akan melakukan perjalanan yang sama seperti yang pertama, tetapi dengan empat orang kru manusia. Artemis 3 akan mengirim wanita pertama.

BACA JUGA:

NASA berupaya memperbaiki masalah supaya peluncuran nanti berjalan lancar. NASA melakukan prosedur pendinginan mesin setengah jam sebelumnya.

NASA bersemangat untuk meluncurkan Artemis sebelum 10 September 2022 atau tanggal puncak musim badai pada tahun ini. Apakah Artemis 1 berhasil? [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0