Komandan Astronot Apollo 9 James McDivitt Meninggal Dunia

Telset.id, Jakarta – NASA mengumumkan mantan astronot James McDivitt meninggal pada usia 93 tahun. McDivitt merupakan komandan Apollo 9 yang mengorbit ke Bulan tahun 1969.

Dikutip Telset dari Engadget, James McDivitt dilaporkan meninggal dengan tenang dalam tidurnya di rumahnya di Tuscon, Arizona, Amerika Serikat Kamis (13/10/2022).

James McDivitt merupakan seorang veteran Angkatan Udara, yang menerbangkan 145 misi tempur dalam Perang Korea dan merupakan pilot uji eksperimental.

BACA JUGA:

NASA memilihnya sebagai bagian dari kelas astronot kedua pada 1962. Perjalanan pertamanya ke luar angkasa adalah pada 1965 sebagai komandan Gemini IV.

Selama misi itu, astronot Ed White melakukan perjalanan luar angkasa pertama oleh seorang warga AS. Misi empat hari itu adalah penerbangan NASA terlama.

McDivitt kembali ke luar angkasa empat tahun kemudian sebagai komandan Apollo 9 untuk misi mendaratkan manusia di Bulan. Misi  diluncurkan 3 Maret 1969.

Misi tersebut membawa modul lunar dan set lengkap perangkat keras Apollo ke luar angkasa untuk kali pertama. Awak uji rekayasa modul Bulan di orbit Bumi.

Pengujian termasuk simulasi manuver yang dilakukan selama misi ke Bulan. McDivitt dan pilot modul Bulan Russell Schweickart melakukan perjalanan selama misi.

Mereka kembali ke Bumi pada 13 Maret 1969. Empat bulan berselang, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin giliran bertugas mendaratkan modul lunar di Bulan.

Setelah misi Apollo 9, McDivitt menjadi manajer operasi pendaratan bulan NASA. McDivitt memiliki gelar sarjana teknik penerbangan dari University of Michigan.

Telset kutip dari Engadget, Rabu (19/10/2022), ia dan tim merencanakan program eksplorasi Bulan dan mendesain ulang pesawat agar aman mendarat di Bulan.

BACA JUGA:

Menyusul keberhasilan Apollo 11, McDivitt menjadi manajer Program Pesawat Luar Angkasa Apollo. Ia bahkan memimpinnya melalui misi berikutnya, Apollo 16.

McDivitt pensiun dari NASA dan Angkatan Udara pada 1972. Iia menerima dua Medali Layanan Luar Biasa NASA dan dua Medali Layanan Luar Biasa Angkatan Udara. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0