telset

Ada Robot Guru di Korea Utara, Begini Tampilannya!

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi di Korea Utara (Korut) terbilang cukup maju. Terbukti dengan dikembangkannya robot yang bertugas sebagai guru atau pengajar di sekolah dan universitas.

Dilansir Telset dari Reuters pada Minggu (7/11/2021), televisi pemerintah Korea Utara KRT melaporkan bahwa pemerintah sedang mengembangkan robot yang berperan layaknya guru.

Robot guru milik Korea Utara itu bertugas untuk mengajar mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan musik. Uji coba robot dilakukan di Universitas Pyongyang, dan ada 2 robot yang diuji. Robot pertama memiliki tinggi 80 cm dengan bodi perpaduan warna biru dan putih.

Robot tersebut berpenampilan seperti perempuan dan ada bendera Korea Utara di dadanya. Robot korut ini mengajarkan para mahasiswa di sebuah universitas di Pyongyang layaknya seorang dosen.

Baca juga: Peneliti Ajarkan Interaksi Sosial pada Robot

“Saya membantu mengajarkan teknologi pendidikan yang meningkatkan kecerdasan anak-anak,” kata robot guru tersebut sambil melambaikan tangan ke mahasiswa Universitas Pyongyang.

Sedangkan robot kedua memiliki kepala berbentuk bulat, dan bodinya berwarna putih dan hitam. Robot ini diuji dengan diminta berinteraksi pada para siswa menggunakan Bahasa Inggris.

“Halo? Senang bertemu denganmu. Senang bertemu denganmu juga. Siapa namamu?” tanya 2 orang siswa dalam Bahasa Inggris pada robot.

Korea Utara Mulai Kembangkan Teknologi Robot 

Seorang profesor asal Korea Utara, Park Kum Hee mengatakan bahwa pengembangan robot pendidikan pada awalnya memiliki tantangan. Pada awalnya robot sering  menggelengkan kepala ketika ditanyai dalam bahasa Korea dan bahasa asing.

“Meningkatkan kecerdasan robot ini sulit bagi saya sebagai seseorang yang mengambil jurusan psikologi,” jelas Park.

Robot Guru Korea Utara

Namun, para ahli teknologi di Korut tidak menyerah. Apalagi Presiden Korea Utara Kim Jong Un telah mendorong reformasi pendidikan dalam beberapa tahun terakhir dengan,  memacu inovasi teknologi dan ilmiah.

Baca juga: Singapura Pakai Robot untuk Cari Pelanggar Prokes Covid-19

“Itu adalah kata-kata dari Kamerad Jenderal (Kim Jong Un) yang kami hormati tentang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan dalam pendidikan yang selalu membimbing saya di jalur yang benar,” sambung Park.

Pengembangan robot di Korea Utara menunjukkan bahwa pemerintah setempat sadar akan pentingnya teknologi bagi kehidupan. Semoga saja tetangga Korea Selatan ini bisa mengembangkan teknologi lain seperti iOT, hingga perangkat gadget. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0