Samsung Ancang-ancang Garap Mobil Otonom 5G

Telset.id, Jakarta – Samsung menjadi salah satu perusahaan yang tengah ancang-ancang menyiapkan beragam perangkat untuk diimplementasikan dengan teknologi 5G. Salah satunya mobil otonom.

Samsung bekerja sama dengan Otoritas Keselamatan Transportasi Korea (Kotsa) mengembangkan infrastruktur jaringan 5G untuk kendaraan otonom di fasilitas K-City.

Dilansir  Venture Beat, K-City adalah ‘kota’ untuk uji coba teknologi kota pintar terbaru. Inisiasi itu dicetuskan untuk menyaingi Amerika Serikat dan Rusia yang terlebih dahulu memiliki fasilitas uji coba teknologi.

Korea Selatan membangun K-City di tanah seluas 320 ribu meter persegi. Korea Selatan menggembor-gemborkan bahwa K-City adalah fasilitas terdedikasi terbesar untuk menguji coba mobil otonom di dunia.

Korea Selatan harus mengeluarkan dana USD 10 juta atau sekitar Rp 146,6 miliar untuk membangun K-City. Di dalam K-City dibangun segala jenis fasilitas dan infrastruktur yang menyerupai kota asli, seperti jalur bus, jalur sepeda, jalan raya, dan lainnya.

{Baca juga: Samsung Rogoh Rp322,9 Triliun untuk Kembangkan 5G dan AI}

Samsung ditunjuk untuk menggarap jaringan komunikasi generasi kelima. Jaringan 5G akan menjadi enabler terbesar kecerdasan buatan (AI) dan banyak teknologi lainnya di seluruh kota cerdas dan spektrum kendaraan otonom.

“Keunggulan kendaraan otonom dan mobil yang terhubung berkembang pesat pada era 5G. Komitmen Samsung untuk inovasi kolaboratif di bidang ini lebih kuat dari sebelumnya,” kata eksekutif Samsung, Jaeho Jeon, dalam siaran pers.

{Baca juga: Samsung Rangkul Qualcomm Kembangkan Sel Kecil 5G}

Samsung adalah salah satu perusahaan teknologi yang terdepan dalam dorongan 5G. Baru-baru ini, Samsung menyisihkan USD 22 miliar atau sekitar Rp 322,5 triliun untuk mengembangkan berbagai teknologi transformatif, termasuk 5G dan AI.

Sumber: Venture Beat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here