Dapat Suntikan Dana Rp 16 Triliun, Ini Strategi Tokopedia

Twitter #UninstallTokopedia Ustad Haikal Hassan

Telset.id, Jakarta – Tokopedia mendapatkan suntikan dana senilai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 16 triliun. Adapun investasi tersebut banyak berasal dari SoftBank Vision Fund, Alibaba Group.

Tokopedia mengungkapkan bahwa akan menggunakan dana tersebut untuk membangun teknologi dan infrastruktur yang memberdayakan jutaan bisnis lokal, dan meningkatkan kualitas layannya.

“Memasuki tahun kesepuluh, kami mengembangkan ekosistem menjadi infrastruktur-as-a-service dimana teknologi logistik, pemenuhan, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline,” ujar CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

William menambahkan bahwa pihaknya akan memperluas skala jangkauan Tokopedia sambil meningkatkan efisiensi operasional untuk jutaan bisnis dan mitra di ekosistem mereka.

“Ini melanjutkan misi kami untuk mendemokratiskan perdagangan melalui teknologi di Indonesia,” tambahnya.

{Baca juga: 2 Fitur Baru Tokopedia Khusus Seller, Apa Saja?}

Hal yang sama juga dikatakan oleh Lydia Jett selaku investor senior di SoftBank dan anggota Dewan Tokopedia. Menurutnya, Tokopedia selama ini membantu jutaan UKM Indonesia untuk menjual produk secara digital.

“Tokopedia telah menyediakan jutaan konsumen dengan akses ke lebih dari 100 juta produk, dan perusahaan ini memiliki posisi yang bagus untuk melayani jutaan orang lebih banyak karena adopsi internet terus berkembang pesat di kawasan ini,” ucap Lydia.

Sedangkan Kenny Ho, Kepala Investasi bidang Asia Tenggara, dan India di Alibaba Group mengatakan bahwa yakin jika Tokopedia bisa membantu pembangunan Indonesia.

“Kami sangat antusias untuk memperdalam hubungan kami dengan Tokopedia dalam memampukan bisnis kecil Indonesia dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia” tegas Kenny.

{Baca juga: Penjual “Gambar Hard Disk” Dikartu Merah Tokopedia}

Tokopedia telah melayani 93% kabupaten di Indonesia di 17.000 pulau. Pada tahun lalu, perusahaan telah mengalami empat kali lipat nilai dagangan bruto, dan sekarang menyediakan pengiriman di hari yang sama hingga 25% dari total pelanggan. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here