Banyak Robot “Belanja” Wira-wiri Sejak Inggris di Lockdown

Robot belanja

Telset.id, Jakarta  – Robot beroda enam dengan antena dan bendera sibuk mengantarkan barang belanjaan di kota Milton Keynes, di Inggris. Robot belanja ini semakin populer di tengah kebijakan lockdown gegara pandemi Covid-19.

Robot-robot setinggi lutut orang dewasa dan terlihat seperti kotak-kotak plastik putih halus itu sebenarnya sudah lama eksis. Robot belanja sudah lebih dari dua tahun bertugas mengantarkan bahan makanan ke rumah warga.

{Baca juga: Robot Ini Setiap Hari ‘Wara-wiri’ Kirim Paket Belanjaan}

Tetapi, sejak pemerintah memberlakukan langkah-langkah jarak sosial ketat per 23 Maret 2020 lalu, robot-robot tersebut menjadi lebih sibuk. Mereka seketika mengalami peningkatan permintaan pesanan dari penduduk.

“Saat ini, kami menawarkan pengiriman gratis ke semua masyarakat. Kami ingin membuat hidup sedikit lebih mudah bagi orang-orang pada masa yang menegangkan ini, ”kata Henry Harris-Burland dari Starship, produsen robot.

Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Senin (27/4/2020), ada bendera warna merah di atas antena robot. Tujuannya supaya lebih mudah untuk dilihat ketika mereka melakukan pengantaran barang belanjaan ke rumah warga.

Starship telah menggandakan armada pengiriman robot di Milton Keynes menjadi 70 buah dalam tiga minggu terakhir. Harris-Burland mengatakan, Starship telah menyelesaikan 100 ribu pengiriman secara otonom di perkotaan.

{Baca juga: Robot Kar-go, Bisa Kirim Barang Tanpa Pengemudi}

“Banyak warga memohon kepada kami, meminta layanan pengiriman barang ke lingkungan masing-masing. Kami akan melakukan sebisa dan secepat mungkin untuk menawarkan layanan ini ke lebih banyak orang,” tukasnya. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here