Robot Kar-go, Bisa Kirim Barang Tanpa Pengemudi

Telset.id,Jakarta – Robot pengirim barang berwujud mobil mini tanpa pengemudi bernama Kar-go memulai debut pertamanya di ajang Goodwood Festival of Speed ​​Future Labthis, pada Minggu ini. Robot tersebut berhasil menarik perhatian pengunjung yang hadir dalam festival tahunan itu.

Robot berwarna hijau cerah ini memiliki ukuran panjang sekitar dua meter, dan dilengkapi dengan lampu LED untuk memastikannya terlihat ketika berada di jalan saat bertugas mengirimkan paket.

{Baca juga: Bandara Ini Pakai Robot untuk Parkir Valet}

Robot, bernama Kar-go dapat mengirimkan paket langsung hingga ke depan rumah. Berbeda dengan robot pengiriman lain yang berjalan di trotoar, para pengembang Kar-go memililih jalanan sebagai jalur lintas robot buatannya. Hal ini membuatnya jauh lebih cepat dan lebih mudah digunakan di lingkungan perkotaan.

Pengguna dapat memesan robot ini melalui aplikasi seperti Uber, dan menerima barang pesanan mereka dalam hitungan jam. Setelah dimuat dengan paket, robot kemudian akan mengatur ulang paket berdasarkan ukurannya, serta urutan pengirimannya.

William Sachiti, pria yang berada di belakang pembuatan robot Kar-go ini mengatakan, mungkin biaya pengiriman paket jarak jauh lebih hemat. Sedangkan biaya pengiriman paket jarak dekat hingga ke pelanggan dapat melebihi tiga puluh persen dari nilai atau harga belanja .

“Biaya ini dapat meningkat secara dramatis untuk pengiriman yang terlewat, belum lagi sifat jaringan dan staf pengiriman yang tidak efisien, ketika permintaan meningkat,” jelasnya.

Saat ini, masyarakat di seluruh dunia sudah terbiasa berbelanja online. Kita semua menikmati kesenangan belanja online, namun untuk memastikan pengguna menerima barang pesanan, bisa menjadi suatu perjuangan ketika pengguna sedang tidak ada di rumah.

{Baca juga: Bikin Gemas, Konsep Robot Ini Mirip Baymax di Big Hero 6}

Tapi masalah itu kini sudah menjadi bagian masa lalu, karena berkat robot pengirim barang driverless ini masalah bisa teratasi. Robot Kar-go, tidak bergantung pada pengemudi manusia, dan dapat mengirimkan paket langsung ke lokasi ketika pengguna sedang tidak di rumah.

Namun, masih belum jelas kapan Kar-go bisa mencapai jalan perkotaan di seluruh dunia. Apakah nanti robot pengirim barang ini juga akan beredar di Indonesia? Kita tunggu saja. [BA/HBS]

Sumber: Mirror

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI