Telkomsel Tawarkan Solusi IoT untuk Pantau Aset Perusahaan

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menghadirkan solusi IoT yang berfungsi untuk memantau aset perusahaan. Solusi tersebut dapat digunakan oleh korporasi swasta maupun lembaga pemerintah untuk memantau aset atau produk yang membutuhkan penanganan khusus.

GM IoT Smart Connectivity Telkomsel Alfian Manullang mengatakan solusi tersebut bernama Asset Performance Management. Solusi tersebut dapat digunakan untuk memonitor aset perusahaan.

“Aset adalah sesuatu yang penting dalam kegiatan perusahaan. Manage aset bukan hal yg mudah bukan hal yang gampang. Maka kami berusaha memberikan solusi yang tepat guna untuk mengelolanya,” kata Alfian pada Senin (27/04/2020).

{Baca juga: Strategi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Internet Saat Lebaran}

Dalam konferensi pers virtual melalui aplikasi CloudX Telkomsel, Alfian mengatakan jika Solusi IoT Asset Performance Management terdiri dari IoT Sensors, IoT Platform dan Online Dashboard.

Aset akan diawasi oleh IoT sensor yaitu Smart Gateway dan Smart Beacon. Melalui produk tersebut, perusahaan dapat memantau suhu, kelembapan dan tekanan udara tempat penyimpaan produk atau produk tersebut.

“Kami bisa memonitori aset apakah dalam kondisi terbaik seperti tempat, suhu lokasi dan ini bisa diimplementasikan untuk aset stationary atau bergerak seperti saat aset dibawa oleh mobil,” tambah Alfian.

Smart Gateway dan Smart Beacon memiliki fungsi masing-masing. Smart Beacon akan berada di dekat aset yang ingin dipantau. Smart Beacon dilengkapi dengan sensor dan GPS yang berguna untuk memantau cahaya, temperatur, tekanan dan kondisi tempat aset disimpan.

Semua data dari Smart Beacon akan dihimpun ke Smart Gateway untuk disambungkan dengan dengan IoT Platform dan Online Dashboard yang bisa diakses perusahaan.

“Perusahaan bisa monitoring misalnya lokasinya ada di mana. bagaimana temperaturnya, bagaimana light dan pressure-nya,” tutur Alfian.

Solusi IoT Telkomsel Aset Perusahaan

{Baca juga: Lebih Aman, Jokowi Pilih CloudX Telkomsel untuk Ratas}

Solusi IoT ini cocok untuk industri makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik dan manufaktur. Selain itu lembaga pemerintah juga bisa menggunakan solusi IoT tersebut untuk mengawasi aset masing-masing lembaga. [NM/HBS]

Previous articleHOOQ Resmi Tutup 30 April 2020, Bagaimana Nasib Pengguna?
Next articleBanyak Robot “Belanja” Wira-wiri Sejak Inggris di Lockdown

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here