Riset UI: Gojek jadi Andalan Konsumen Selama New Normal

Telset.id, Jakarta – Gojek dianggap sebagai andalan masyarakat selama adaptasi kebiasaan baru alias new normal di masa pandemi Covid-19. Hal ini didasari oleh hasil riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI).

Dalam riset LD FEB UI mengenai perubahan pola penggunaan layanan digital oleh konsumen selama pandemi, mayoritas konsumen mengandalkan Gojek selama new normal.

Penelitian yang dilaksanakan pada September 2020 dan melibatkan 4.199 orang ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei mandiri yang disebarkan secara daring.

Sedangkan populasi penelitiannya adalah pengguna yang menggunakan layanan Gojek dalam satu bulan terakhir. Hasil penelitian dapat digeneralisir pada populasi konsumen Gojek, dengan tingkat kepercayaan 95% (M.o.e +/- 1,5%).

{Baca juga: Survei: Apple Fanboy Percaya iPhone Dukung Teknologi 6G}

Dalam risetnya, LD FEB UI menyatakan bahwa sekitar 93% konsumen menganggap keamanan layanan Gojek lebih baik dari standar industri.

86% konsumen pun merasa aplikasi Gojek membantu mereka beradaptasi dengan new normal dan tetap produktif selama pandemi Covid-19.

Apabila melihat dari layanannya, 65% konsumen lebih sering menggunakan GoFood dibandingkan sebelum pandemi. Kemudian 68% dari konsumen rupanya memanfaatkan layanan GoPay selama new normal.

Layanan lainnya, seperti Paylater dan GoSend, masing-masing dipilih oleh 57% dan 36% konsumen yang disurvei oleh LD FEB UI.

Tren peningkatan penggunaan layanan Gojek juga dibarengi dengan peningkatakan rata-rata pengeluaraan konsumen per bulan. Sebanyak 44% dan 25% konsumen mengalami peningkatan rata-rata pengeluaran per bulan untuk GoMart dan GoFood.

Dari segi layanan pembayaran digital, sekitar 97% konsumen menilai layanan Gojek berhasil mendorong masyarakat membayar secara cashless yang membuat jumlah saldo GoPay pun meningkat 8% per bulannya.

{Baca juga: Warga Jakarta Bisa Bayar PBB via GoPay, Begini Caranya!}

Menurut peneliti LD FEB UI, Alfinda Primaldhi, dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan kalau Gojek menjadi aplikasi andalan selama new normal di masa pandemi Covid-19.

“Keberadaan platform digital seperti Gojek membantu konsumen untuk beradaptasi, dan menjaga produktivitas dalam situasi pandemi yang penuh ketidakpastian,” jelas Alfinda, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id, Sabtu (10/10/2020). (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -