Bukan Diretas Hacker, Ini Penyebab Twitter Tumbang

Penyebab Twitter Down

Telset.id, Jakarta – Twitter memberikan keterangan mengenai penyebab Twitter tumbang atau down pada hari ini (16/10/2020). Twitter menjelaskan bahwa penyebab Twitter down bukan diretas oleh hacker.

Twitter menjelaskan penyebab layanan mereka gangguan melalui akun @TwitterSupport. Melalui akun @TwitterSupport mereka membuat thread mengenai penyebab Twitter down.

Pertama media sosial berlogo burung emprit itu menyatakan kalau penyebab gangguan bukan dari serangan peretas, namun masalah dalam sistem internal.

{Baca juga: Twitter akan Batasi Retweet untuk Lawan Hoax}

“Kami mengalami beberapa masalah dengan sistem internal kami dan tidak memiliki bukti pelanggaran keamanan atau peretasan,” cuit Twitter lewat @TwitterSupport yang diposting pada pada pukul 06.16 WIB.

Selanjutnya pada pukul 08.53 WIB Twitter mengatakan bahwa gangguan terjadi karena masalah dalam sistem internal. Masalah yang dimaksud adalah rencana perubahan sistem yang dilakukan di luar rencana.

Twitter lalu melakukan perbaikan sekitar 1 sampai 2 jam dan meminta netizen untuk bersabar mengenai gangguan ini.

“Pemadaman ini disebabkan oleh perubahan sistem yang dimulai lebih awal dari yang direncanakan, yang memengaruhi sebagian besar server kami,” tutur Twitter.

“Kami sedang bekerja keras untuk mengembalikan Twitter seperti semula dan berharap semuanya akan diselesaikan sepenuhnya dalam 1-2 jam. Terima kasih atas kesabaran Anda,” tambahnya.

Terakhir pada postingan pukul 10.32 WIB, Twitter menyatakan kalau layanan mereka telah berfungsi normal dan mengucapkan terima kasih kepada netizen yang sabar menunggu perbaikan yang dilakukan.

“Terima kasih telah bersama kami,” tutup Twitter.

Sebelumnya Twitter dilaporkan sempat gangguan atau down. Banyak netizen Indonesia yang mengeluh tidak bisa mengakses media sosial besutan Jack Dorsey itu hari ini (16/10/2020).

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari Down Detector, Twitter memang sempat down pada pukul 04.51 WIB. Total, ada 194 laporan mengenai gangguan pada layanan Twitter.

Ratusan laporan tersebut terbagi berdasarkan gangguan yang dialami netizen. 52% pengguna tidak bisa mengakses situs media sosial tersebut. Lalu 40% lainnya melaporkan bahwa aplikasi Twitter yang mengalami gangguan.

{Baca juga: Twitter Sempat Gangguan, Netizen Gak Bisa Ngetweet}

6% pengguna lainnya melaporkan terkait gangguan aplikasi Twitter di iPhone dan iPad. Gangguan terjadi di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Indonesia, dan beberapa negara lainnya.

Meski down atau gangguan, namun para pengguna tetap curhat di Twitter juga. Alhasil, tagar #TwitterDown pun menggemar dan jadi trending topic. [NM/HBS]

Simak Video Terbaru “UNBOXING POCO X3 NFC: SPEKNYA NGACO”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here