Pemerintah Ujicoba Stasiun Pengisian Untuk Kendaraan Listrik

Telset.id, Jakarta – Pemerintah, melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) rupanya sudah mulai mengembangkan teknologi mobil listrik sebagai alternatif kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. Kini instansi itu melakukan ujicoba stasiun pengisian listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) untuk beberapa kendaraan listrik buatan dalam negeri.

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi menjelaskan, pihaknya terus melakukan inovasi terhadap pengembangan mobil listrik, serta infrastrukturnya dengan melakukan rekayasa teknologi.

Pada tahap awal, BBPT akan melakukan ujicoba dengan melakukan perjalanan (road trip) 3 jenis kendaraan listrik, yakni roda dua atau motor, micro car dan city car.

Road trip kendaraan listrik dan peluncuran charging station kendaraan listrik ini akan kami lakukan besok Rabu 5 Desember. Mulai dari kantor BPPT Thamrin menuju Puspiptek, Tangsel. Doakan lancar ya,” ujar Eniya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (04/12/2018).

Lebih lanjut Eniya menjelaskan Stasiun Pengisian Listrik ini tak beda jauh dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada kendaraan konvensional. Bedanya hanya pada bentuk energi yang diisikan ke kendaraan.

Dia juga mengatakan ujicoba ini sejalan dengan program percepatan mobil listrik nasional. Pada tahun ini, kata dia, BPPT menyiapkan 2 sistem charging station yaitu fast charging station 50 kW di BPPT Jakarta dan smart charging station 20 kW di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan.

“Kami akan melakukan uji coba mobil listrik untuk operasional kantor sehari-hari dari Tangsel ke Jakarta dan sebaliknya,” imbuh dia.

Menurut Eniya, BPPT juga mempersilahkan masyarakat mencoba menggunakan mobil listrik dan fasilitas pengisian tersebut sebagai langkah sosialisasi. Tetapi tidak jelas, apakah fasilitas itu bisa dipergunakan oleh kendaraan listrik buatan luar negeri yang jumlahnya saat ini masih sangat sedikit.

Eniya menambahkan, acara peluncuran Stasiun Pengisian Listrik ini akan dihelat di pelataran parkir Gedung BPPT, Jalan MH. Thamrin no.8, Jakarta, mulai pukul 08.30 sampai selesai.

“Bagi rekan blogger, pegiat medsos, youtuber dan influencer lain, pintu gerbang BPPT terbuka lebar menyambut kehadiran kalian,” pungkas dia. [WS/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here