Pasca Banjir di Garut, Jaringan XL dan Telkomsel Tetap Aman

Telset.id, Jakarta – Sebagai wujud kepedulian terhadap bencana di garut akibat banjir bandang, jaringan telekomunikasi Xl dan Telkomsel masih tetap aman.

Vice President XL Central Region, Rd Sofia Purbayanti mengatakan , XL memastikan kondisi infrastruktur jaringan dan layanan di daerah yang terkena bencana tetap dalam kondisi baik dan bisa beroperasi.

“XL akan berusaha maksimal untuk menjamin kualitas jaringan tetap terjaga selama masa kritis,” ujar Sofia.

Menurutnya, ada tambahan tim khusus untuk mengawasi Base Transceiver Station (BTS) terutama di area-area rawan bencana, sehingga layanan telekomunikasi tetap berjalan lancar.

Meskipun ada beberapa site sempat mengalami gangguan, namun secara keseluruhan pelayanan masih sangat normal. Kesigapan tim network yang juga didukung teknologi jaringan yang canggih mampu mengatasi gangguan yang ada.

Saat ini  seluruh area  Garut dilayani  oleh  360 BTS 2G/3G  dan area Sumedang dilayani oleh 255 BTS 2G/3G serta 11 BTS 4G yang melayani sekitar 110 ribu pelanggan untuk area Garut dan 350 ribu pelanggan area Sumedang. XL dengan kesediaan jaringan handal  dan tim yang tetap siaga memantau, kualitas pelayanan akan tetap prima di tengah masa  kritis bencana.

telkomsel-peduli-garut

Sementara itu, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan, Telkomsel mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga atas musibah bencana alam yang menimpa sebagian wilayah kota Garut dan Sumedang.

“Walaupun sempat terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi sesaat terjadinya bencana, saat ini kami memastikan layanan Telkomsel tetap beroperasi dengan normal dan menjamin kelancaran komunikasi pelanggan yang berada di sekitar lokasi bencana,” ujar Venusiana.

Dia menjelaskan, Telkomsel juga telah menurunkan tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) yang memiliki fungsi tugas membantu menyediakan kebutuhan logistik serta evakuasi korban bencana alam banjir bandang di Garut.

Tim TERRA sudah dilengkapi dengan perangkat pendukung penanganan bencana seperti perahu karet, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, dan genset.

Saat ini sejumlah bantuan kebutuhan logistik tahap awal seperti pangan (makanan dan minuman) dan sandang (pakaian anak dan dewasa) serta kebutuhan sanitasi seperti popok bayi sudah didistribusikan melalui Pusat Posko Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut.

Venusiana menambahkan, Telkomsel terus bersiaga untuk memastikan berfungsinya alat-alat produksi sehingga ketersediaan dan kualitas jaringan tetap terjaga. Hal ini dilakukan agar warga yang berada di sekitar lokasi bencana, baik di Garut maupun Sumedang dapat terus berkomunikasi dan bertukar informasi kepada keluarga dan kerabatnya.

“Tetap terjaganya layanan telekomunikasi ini juga menjadi amat penting untuk membantu aparat dalam berkoordinasi, sehingga pertukaran informasi menjadi lancar,” imbuhnya. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI