Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect

Telset.id – Ingatkah Anda akan film “Rise of The Planet of the Apes?”. Dalam film tersebut, otak kera sedemikian berkembang, bahkan bisa bicara bahasa manusia, berfikir dan menggunakan teknologi seperti layaknya manusia. Bahkan, mereka mulai mengancam keberadaan atau populasi manusia.

Nah, mirip dengan gambaran di atas, sebuah riset yang dilakukan Microsoft mempelajari perilaku orangutan dalam menggunakan Xbox Kinect. Tujuannya, untuk mempelajari pembelajaran dan interaksi orang utan terhadap teknologi, dan keputusan sosial mereka.

Seperti dikutip dari Gamespot, para peneliti dari Microsoft Research Centre for Social Natural User Interfaces bekerja sama dengan kebun binatang Zoos Victoria di University of Melbourne, Australia, membuat sebuah proyek penelitan dengan orangutan.

Proyek penelitian ini merupakan yang pertama di dunia, sementara pada proyek sebelumnya hanya memperlihatkan interaksi orangutan dengan tablet dan komputer layar sentuh.

Dalam proyek ini, orangutan diberikan proyeksi layar seperti layar sentuh. Orangutan berusia 12 tahun bernama Malu memberikan respon positif. Dia bereaksi terhadap proyeksi bintik merah di lantai dengan mendekati dan menciumnya. Ketika gambar titik merah itu pecah, dan muncul lagi, sang orangutan itu kembali mencium gambar tersebut.

Para peneliti juga mengembangkan video game, aplikasi gambar dan galeri khusus orangutan. Di masa mendatang, peneliti berharap orangutan bisa berinteraksi dengan visitor melalui game digital. Proyek ini akan berlangsung sepanjang Februari.

Berikut foto-foto orangutan bernama Malu yang tertarik “bermain” Xbox Kinect:

  • Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect
  • Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect
  • Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect
  • Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect
  • Orangutan Tertarik “Main” Xbox Kinect

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI