telset

Orang Indonesia Doyan Belanja Online karena “Tergoda” Diskon

Telset.id, Jakarta – Jelang Harbolnas 2018 yang diselenggarakan pada Desember mendatang, Co-Founder & Chief Content Officer Katadata.id, Heri Susanto mengungkapkan bahwa banyak orang Indonesia belanja online karena adanya promo dan diskon.

“Dari hasil survei kami, rata-rata yang membuat mereka mau belanja online adalah soal promo dan potongan harga,” katanya, di Jakarta pada Selasa (13/11/2018)

“Itu yang pertama. Yang kedua adalah variasi harga dan barang lebih murah,” sambungnya.

Meski demikian, para pelaku e-commerce diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam memberikan diskon dan potongan harga.

Sebab menurut Chairman Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, jangan sampai pemberian diskon maupun promo di e-commerce malah membuat masyarakat teredukasi, bahwa belanja online hanya untuk mendapatkan harga murah saja.

“Bisnis online itu bikin pesta diskon seperti ini enggak apa-apa. Yang harus kita hati-hati adalah, jangan sampai nanti orang itu diedukasi bahwa belanja online itu cuma menang murahnya saja,” jelas Ignatius.

Ia menekankan, belanja online memiliki manfaat-manfaat lainnya, seperti kemudahan dan fleksibilitas waktu. Ignatius juga ingin menantang para pelaku e-commerce agar turut mengedukasi pasar, bahwa belanja online tidak hanya soal harga yang murah dan diskon yang menarik.

Namun, Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan melihat bahwa promo-promo tersebut berguna untuk menarik pengguna baru e-commerce. Harbolnas contohnya, dapat menjaring pelanggan baru paling banyak dibandingkan hari-hari lainnya.

“Karena itu, Harbolnas ini, dari sisi pelaku (e-commerce), adalah pintu untuk mendatangkan customer,” tutur Indra.

Indra menjelaskan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pelaku e-commerce adalah mengedukasi pelanggan bahwa belanja online tidak hanya soal promo. Karena pelanggan juga akan mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan produk yang sesuai.

“Dengan belanja online, Anda bisa mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan produk yang sesuai, karena itu semua PR untuk pelaku (e-commerce),” pungkas Indra.

Harbolnas 2018 sendiri akan diselenggarakan tanggal 11-12 Desember 2018. Khusus untuk tanggal 11 Desember, Harbolnas 2018 akan didedikasikan untuk produk lokal Indonesia. (AU/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0