Negara Ini Kasih Diskon Paket Data untuk Lansia

Telset.id, Jakarta – Pengguna data seluler tidak hanya didominasi generasi muda, justeru lebih banyak orang tua atau lanjut usia (lansia) seperti di Korea Selatan (Korsel). Untuk itu pemerintah Korsel membuat program diskon paket data seluler untuk lansia berusia 65 tahun ke atas.

Kementerian Sains dan TIK dan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korsel akan menawarkan diskon hingga 1,74 juta warga lansia. Ini mencapai 70 persen dari lansia berusia 65 tahun ke atas, yang menerima pensiun dasar.

Rumah tangga tunggal dengan penghasilan kurang dari 1,31 juta won atau setara Rp16,6 juta atau pasangan dengan kurang dari 2,096 juta won atau sekitar Rp 26,5 juta saat ini memenuhi syarat untuk pensiun dasar di Korsel.

Orang-orang yang memiliki rencana data lebih dari 22.000 won (US$ 19,50) atau sekitar Rp 279 ribu per bulan akan mendapatkan diskon 11.000 won (US$ 9,75) atau sebesar Rp 139 ribu, yang merupakan batasan tertinggi. Sedangkan untuk rencana paket data yang lebih murah akan mendapatkan diskon 50 persen.

Video Pilihan

Pemerintah Korsel mengharapkan para manula bisa menabung hingga 189.8 milyar won (US$ 168 juta) atau sekitar Rp 2,4 triliun dari adanya program ini setiap tahun.

Baca juga: Korea Selatan Denda Facebook Rp 5 Miliar, Kenapa?

Warga yang memenuhi syarat dapat mengunjungi kantor daerah dan mendapatkan keuntungan dari diskon itu, segera setelah mereka mengajukan permohonan pensiun dasar atau mengajukan permohonan diskon di toko-toko dan situs online telekomunikasi.

Desember tahun lalu rupanya Korselmenawarkan diskon serupa untuk keluarga yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Supaya laba perusahaan telekomunikasi tidak ikut terpangkas, maka pemerintah negeri Gingseng ini bernegosiasi dengan mereka untuk menurunkan biaya spektrum.

Negara ini sedang menyelesaikan lelang untuk spektrum 5G pada Juni lalu dan bersiap untuk peluncuran jaringan generasi berikutnya tahun depan.

Sumber: ZDNet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI