NSA Tuding Korut Dalangi Kasus Ransomware WannaCry

Telset.id, Jakarta – Kasus Ransomware WannaCry yang terjadi pada bulan lalu telah menyerang ratusan ribu perangkat di seluruh dunia. Satu hal yang menjadi sorotan adalah, siapa dalang dibalik aksi tersebut. Belum lama ini pihak Badan Keamanan Nasional AS (NSA) menuding Korea Utara sebagai otak dibalik serangan ransomware itu.

Serangan ransomware WannaCry sempat membua kepanikan sejumalh pihak. Pasalnya, serangan itu berhasil melumpuhkan sejumlah fasilitas penting, seperti rumah sakit, tempat bisnis, dan lainnya. Oleh karena itu, bebagai pihak berlomba-lomba mencari siapa ‘biang kerok’ dari penyebar virus ini.

[Baca juga: Total Ada 75 Ribu Kasus “WannaCry” di 100 Negara]

Seperti dilansir dari laman The Verge, belum lama ini NSA (US National Security Agency) atau Badan Keamanan Nasional AS dikabarkan sudah mengantongi siapa dalang yang membuat dan menyebarkan virus tersebut.

Mereka menyebutkan bahwa virus ini berasal dari para peretas di Korea Utara. NSA menyebut pengembangan virus ini diduga didanai oleh mata-mata dari Korea Utara, yang memang selama ini dikenal sebagai musuh bebuyutan Amerika.

NSA mengatakan bahwa dugaan ini berasal dari hasil penelusuran mereka lewat metode pembayaran uang tebusan yang berupa ‘Bitcoin’. Ternyata, pelacakan pencairan mata uang virtual ini cukup mudah untuk dideteksi.

Dugaan ini semakin diperkuat oleh data-data dukungan yang diberikan oleh beberapa perusahaan anti-virus, seperti Symantek dan Kaspersky Lab. Mereka menemukan kesamaan kode malware dengan beberapa serangan virus milik Korea Utara lainnya.

[Baca juga: Mengenal Ransomware WannaCry dan Modus Kerjanya]

Sebagai infomasi, Ransomware WannaCry menyerang komputer para korban dengan cara menyandera file yang dimiliki oleh mereka. Sang peretas kemudian meminta tebusan kira-kira US$ 300 atau sekitar Rp 3,9 juta yang jika tidak dibayarkan dalam tujuh hari, maka file yang disandera tersebut akan dihapus. [NC/HZ/HBS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI